0
178

Selain BMW R 1200 GS, Inilah Jajaran Motor Otonom Lainnya

GilaMotor.com – BMW Motorrad berhasil mengundang decak kagum dunia roda dua dengan teknologi yang belakangan ini dipamerkannya. Dalam gelaran BMW Motorrad Techday 2018, produsen kendaraan roda dua asal Jerman tersebut memamerkan BMW R 1200 GS yang bisa jalan sendiri.

Kemampuannya cukup komplet. Tanpa diperlukan peran seorang biker, motor tersebut mampu berakselerasi hingga melahap tikungan dengan baik. Adapun pengembangan motor BMW R 1200 GS otonom ini bukan untuk diproduksi massal. Jadi jangan harap bakal ada motor yang benar-benar bisa jalan sendiri dalam waktu dekat, terutama dari merek BMW.

(Baca juga: Honda C70 Lowrider: Eskperimen Unik Berry Djamalus)

Karena BMW hanya berniat untuk menerapkan teknologi kestabilannya tersebut untuk membantu biker lebih nyaman dan aman di atas motor. Cita-cita besarnya adalah untuk menciptakan teknologi keselamatan berkendara yang lebih baik.

Untuk teknologi motor tanpa pengumudi sendiri, sebenarnya BMW Motorrad bukanlah satu-satunya pabrikan yang menggalinya. Honda dan Yamaha juga telah meracik formula teknologi yang bisa membuat motor beroperasi tanpa diperlukan peran seorang biker, walaupun cara pengaplikasian bisa berbeda-beda. Untuk lebih lengkapnya, Gilmoters bisa simak informasi di bawah ini.

BMW Motorrad R 1200 GS

BMW mengembagkan motor yang bisa jalan sendiri dengan harapan teknologinya bisa diterapkan pada sepeda motor normal guna meningkatkan aspek keselamatan berkendara. BMW R 1200 GS prototype ini dibuat dengan proses berbeda dibanding produk massalnya. Sebut saya pembuatan rangkanya yang menggunakan teknologi pencetakan tiga dimensi. Ditambah lagi penggunaan material-material ringan seperti yang dipakai pada lengan ayun.

Yamaha MOTOROiD

Yamaha punya motor canggih yang diberi nama MOTOROiD. Menggunakan teknologi kecerdasan buatan, motor ini bisa berjalan sendiri sekaligus mengikuti perintah-perintah yang diberikan sang rider berkat kemampuannya membaca gerakan gestur tubuh. Soal penggabungan motor dan hal-hal yang bersifat robotik, Yamaha juga memiliki yang dinamakan MOTOBOT. Bedanya, MOTOBOT berupa robot menyerupai biker.

Honda Riding Assist

Brand Jepang lainnya, Honda, juga tak mau ketinggalan dalam pengembangan motor otonom. Bernama Honda Riding Assist, motor ini bisa menyeimbangkan posisinya sendiri sekaligus berjalan sendiri tanpa peran seorang biker.