Foto : Honda
0
3561

Selain Oli Motor Terbaik, Empat Hal Penting Dalam Penggantiannya

Gilamotor.com – Perawatan sepeda motor yang wajib kalian lakukan adalah mengganti pelumas secara rutin. Baik mengacu pada estimasi waktu penggantian atau jarak tempuh yang telah dilalui. Selain menggunakan oli motor terbaik, ada pula upaya lain yang mesti kalian lakukan agar pelumas bekerja secara maksimal.

Gilmoters harus mengetahui periode penggantian oli mesin motor yang pada umumnya adalah 2.000-3.000 KM jika pemakaian normal setiap hari dan memakai oli SAE 20W/50 atau SAE 15W/40. Motor yang jarang dipakai atau lebih banyak terjebak macet di jalanan, sebaiknya penggantian oli dipercepat sekitar 1.500 KM.

 

Selain itu Gilmoters jangan sampai salah menggunakan pelumas, pasalnya oli mobil dan motor dirancang berbeda. Untuk oli mobil dirancang untuk kopling kering, sedangkan oli motor menggunakan kopling basah atau harus terendam oli.

Empat hal penting yang harus kalian lakukan saat mengganti pelumas, di antaranya:

1. Siapkan peralatan di antaranya: Kunci ring untuk membuka baut pembuangan oli (untuk motor batangan biasanya ukurannya 19), tang untuk membuka tutup oli bagian atas, wadah untuk oli bekas dan kain lap.

2. Sebelum mengganti oli, sebaiknya panaskan motor sekitar 3 menit. Setelah itu, keluarkan oli saat keadaan mesin sudah tidak terlalu panas, karena oli menjadi lebih encer. Jangan lakukan penggantian oli saat mesin masih terlalu panas, karena dapat membuat material metal memuai. Akhirnya, drat baut menjadi rusak alias selek.

3. Hindari penggunaan angin kompresor, karena udara dari kompresor mengandung air. Sehingga, bisa beresiko menimbulkan karat dan kualitas oli motor akan menurun karena tercampur air. Banyak bengkel yang melakukan ini, karena mereka ingin kerja cepat, Gilmoters.

4. Untuk memastikan oli lama sudah keluar semuanya, lakukan cranking atau putar mesin menggunakan kick starter beberapa kali. Boleh menggunakan electric starter tapi harus dibatasi, jangan terlalu lama. Bisa juga dengan memiringkan motor.

Mudah dan murah kan Gilmoters, untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara tentunya Gilmoters harus menggunakan oli motor terbaik yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor kalian. Ingat harga bukan jaminan untuk mendapatkan kualitas terbaik.