1
1392

3 Motor Suzuki Buatan Indonesia Terlaris di Mancanegara

GilaMotor.com – Motor Suzuki buatan lokal turut diekspor ke berbagai negara. Seperti halnya skutik NEX II yang seremoni ekspornya berlangsung hari ini, Senin (22/10) di pabrik Suzuki yang berlokasi di Cikarang. Selain motor ini, masih banyak lagi motor Suzuki yang dikirim untuk dipasarkan di luar negeri, Gilmoters.

Untuk Gilmoters ketahui, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia telah mengeskpor total sebanyak 699.481 unit motor ke 39 negara sejak 2012 hingga 2018. Pertanyaan yang mungkin bikin Gilmoters penasaran ialah motor Suzuki apa yang paling banyak diekspor?

Untuk menjawab hal itu Bang Gilmot menerima data dari pihak SIM. Data itu menunjukkan model Suzuki Satria FU menjadi produk paling banyak diekspor. Jumlahnya sejak dikirim ke luar negeri tahun 2012, sudah sebanyak 223.135 unit.

Lalu, posisi kedua motor Suzuki yang paling banyak diekspor ialah Suzuki Shooter, motor bebek yang sebenarnya sudah tidak bisa ditemukan di katalog produk Suzuki di Indonesia. Hanya saja tertulis kalau motor ini masih dikirim ke luar negeri hingga sekarang sejak 2012. Nah, jumlah produk yang sudah diekspor mencapai 115.200 unit.

Selanjutnya, produk yang menyumbang jumlah ekspor terbanyak untuk motor Suzuki ialah generasi pertama skutik NEX. Suzuki telah mengirimnya sebanyak 89.572 unit.

Produk-produk yang Bang Gilmot sebutkan dikirim dalam bentuk utuh ataupun terpisah-pisah.

Nah, untuk saat ini Suzuki lagi menggenjot ekspor NEX II yang kini telah dikirim secara utuh ke Thailand. Menyusul, diekspor ke Kamboja dalam bentuk terpisah-pisah. Target ekspornya sampai Maret 2019 mencapai 18.660 unit. Jadi masih jauh untuk menyamai jumlah ekspor generasi pertamanya.

1 COMMENT