4
46993

Mencuci Motor Saat Mesin Panas Ada Risikonya

Gilamotor.com – Cuaca belakangan ini memang terbilang panas Gilmoters, padahal Oktober adalah waktunya hujan. Walaupun begitu tingkat panas 33-35 derajat Celsius saat ini masih terbilang normal untuk wilayah tropis untuk Indonesia.

Panasnya cuaca memang tidak membuat motor terlihat kotor Gilmoters. Tapi biasanya debu-debu halus justru berpotensi membuat motor mengalami goresan kecil yang nantinya akan terlihat saat motor usai dibersihkan.

(Baca juga: Mahasiswa Asal Aceh Dipercaya Membawa Pulang Lucky Draw Kustomfest)

Goresan kecil pada bodi motor disebabkan oleh pembersihan debu tanpa menggunakan air atau lebih dulu dibilas dengan air. Biasanya Bang Gilmot membersihkan motor dari debu halus dengan lebih dulu membilas motor menggunakan air mengalir.

Namun saran Bang Gilmot sebelum kalian membilas atau mencuci motor ada baiknya menunggu suhu mesin motor dingin. Hal yang sering Bang Gilmot temukan adalah kondisi suhu mesin yang masih panas langsung disiram air untuk dibersihkan. Baik cuci sendiri ataupun cuci steam. Kebiasan seperti ini malah berefek samping loh Gilmoters.

Hukum fisika menjelaskan ketika besi panas langsung terkena air dingin, terjadi perubahan suhu yang drastis, hal ini memberikan dampak yang sangat buruk.

“Kasus yang pernah terjadi adalah blok mesin menjadi retak saat tiba-tiba, diguyur dengan air ketika kondisi mesin masih sangat panas. Hukum fisika pun menyebutkan saat terjadi perubahan suhu secara drastis, bisa membuat terjadinya perubahan, dalam kasus ini besi atau logam yang rusak,” papar Ade Rochman Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM).

Efek dari kejadian ini pastinya tidak langsung, jika dilakukan berulang-ulang pastinya akan semakin cepat kerusakan itu terjadi. Salah satu yang sering ditemukan adalah leher pipa knalpot yang berwarna krom berubah warna kekuningan.

Walaupun motor dibuat untuk kegiatan outdoor, bukan berarti bisa sembarangan langsung dicuci untuk mendapatkan penampilan yang istimewa. Jadi saat kondisi suhu mesin masih panas, berikan jeda waktu 5- 10 menit sebelum dibersihkan ya Gilmoters.

4 COMMENTS