4
1802

Speedometer Motor Mati, Cek Bagian-bagian Ini

Gilamotor.com – Speedometer menjadi bagian penting saat kita sedang berkendara, apalagi kalo lagi perjalanan jauh Gilmoters. Fungsinya untuk memberikan informasi mulai dari kecepatan hingga informasi untuk sisa bahan bakar.

Biasanya karena usia pakai motor dan minimnya perawatan, speedometer jadi mati Gilmoters. Mati-nya speedometer disebabkan oleh berbagai faktor, jadi lebih baik saat speedometer mati Gilmoters jangan resah dan gelisah untuk langsung mengganti dengan yang baru.

(Baca juga: Tetap Cantik Ini yang Harus Wanita Lakukan Saat Berkendara)

Lebih baik Gilmoters melakukan pengecekan di beberapa komponen yang berhubungan dengan speedometer sebelum menggantinya dengan harga yang cukup mahal.
Kabel speedometer berkarat

Dengan waktu pemakaian yang cukup lama dan minimnya perawatan kabel speedometer bisa saja mengalami karat gilmoters. Hal tersebut akan mengakibatkan putusnya kabel sampai dengan speedometer tak lagi berfungsi seperti biasa. Penyebab speedometer mati bisa karena masuknya air ke komponen tersebut.

Saat mencuci atau menggunakan sepeda motor perlu berhati-hati supaya air tak masuk ke speedometer. Selain itu air hujan bisa menjadi penyebab masuknya air ke dalam kabel speedometer Gilmoters.

Berkendara Ugal-Ugalan

Salah satunya penyebab lainnya yakni dikarenakan salah dalam mengendarai sepeda motor. Kabel dalam speedometer sifatnya sangat sensitif dalam membantu menunjukkan kecepatan panelnya. Tetapi kabel tersebut dapat terputus akibat pengendara gaspol dan ugal-ugalan saat berkendara Gilmoters.

Misalnya saja saat mengendarai motor di jalan yang berlubang, jangan lakukan tarik gas terlalu kencang sebab dapat memicu kabel speedometer putus yang disebabkan guncangan tersebut.

Pecahnya Tromol Roda

Penyebab lain yang bisa membuat speedometer mati yakni pecahnnya tromol roda sehingga mengakibatkan kabel tidak dapat memutar. Hal tersebut menjadikan perbaikan menjadi cukup sulit.

Putusnya Kabel Speedometer

Penyebab lain yang memungkinkan kabel speedometer putus yakni di antaranya karena tertekuk atau tertarik. Hal tersebut terjadi karena kurang kehati-hatian ketika membersihkan speedometer Gilmoters. Tak hanya itu, usia kabel speedometer yang lama juga akan memengaruhi putusnya kabel hingga menjadikan speedometer mati.

Pecahnya Speedometer

Speedometer bisa pecah yang menjadikan tidak lagi berfungsi dengan baik. Komponen di dalamnya dapat mengalami kerusakan yang diakibatkan penggunaan yang tak sesuai atau karena usia speda motor yang tua. Beberapa faktornya yakni jarum speedometer yang kemungkinan macet dan per speedometernya yang dapat patah.

Ketika speedometer terjadi kerusakan atau mati, ada baiknya untuk segera diperbaiki ke bengkel resmi. Dengan melakukan penggantian elemen sepeda motor yang rusak dengan mengganti yang orisinil akan menjadikan sepda motor memiliki umur yang lebih lama lagi dan penggunaan akan jauh lebih nyaman. Ada juga informasi tentang harga Vario 150 terbaru dan termurah yang bisa Anda manfaatkan segera.

4 COMMENTS