8
1575

Böhmerland Langtouren: Datang Dari Perang Dunia II

Motor untuk tiga penumpang? Ahh itu mah biasa. Lah orang yang naik berlima aja sering seliweran di jalan, apa lagi kalo cuma tiga, itu mah gak ada apa-apanya.

Tapi motor yang satu ini berbeda bro dengan motor yang ditunggangin bikers sekarang dan terlihat sangat memaksakan kondisi. Motor ini datang dari puluhan tahun yang lalu, tetaptnya tahun 1937. Pastinya bro en sis belum pada lahir yah?

Seperti dilansir situs Gizmag, bahwa motor hasil pemikiran yang takbiasa seorang insiyur asal Ceko, Albin Liebisch, didisain untuk mengangkut tiga orang penumpang. Di masa Perang Dunia II, keluarga yang mendambakan transportasi nyaman semisal mobil, cuma bisa mimpiin aja tapi tak bisa membelinya. Maklum, harganya selangit. Apalagi saat itu dalam masa perang dunia. Kebayang dong gimana sulitnya keuangan masa itu.

Albin yang memiliki filosofi berbeda dari kebanyakan orang, menciptakan motor yang mampu mengangkut tiga bahkan empat penumpang sekaligus dan dijual di Jerman dengan merek Böhmerland.

Motor touring bertubuh bongsor ini dilengkapi dengan dua gearbox. Gearbox pertama seperti motor konvensional lain, di gunakan oleh pengedara, dan gearbox kedua digunakan oleh penumpang untuk membantu pengendara mengganti gigi.

Böhmerland Langtouren lansiran 1937 ini menggunakan mesin berkapasitas 603cc silinder tunggal dengan exposed valve gear, dua tangki bahan bakar yang ditempatkan layaknya side box pada motor-motor saat ini. Serta pengaplikasian wheelbase yang sangat panjang.

Motor yang sudah banyak makan asam garam selama keberadaannya ini, dijadwalkan akan dileleng di balai pelelangan Bonhams pada 27 Februari mendatang. Motor bongsor ini diperkirakan akan terjual seharga  GBP 35,000 sampe GBP 45,000 atau sekitar Rp 539 juta sampai Rp 693 juta. Tertarik?

8 COMMENTS

  1. I am really impressed with the content of your blog. It is easy to determine that you are fervent about your writing. If I had your writing ability, I know I would be successful. I have bookmarked your site and look forward to more updates.

  2. 968146 489758Admiring the time and effort you put into your site and in depth details you offer. It is excellent to come across a weblog every once in a although that isn’t exactly the same out of date rehashed material. Excellent read! I’ve saved your web site and I’m including your RSS feeds to my Google account. 801669

  3. I’m very happy to read this. This is the kind of manual that needs to be given and not the random misinformation that is at the other blogs. Appreciate your sharing this greatest doc.