19
3541

Karat Bikin Baut Susah Dilepas

Menggunakan produk asli atau original dari pabrikan, memang terkadang lebih menguntungkan ketimbang menggunakan produk AsPal. Pasalnya menggunakan part original atau genuine part biasanya akan lebih awet karena kwalitasnya sudah terjamin oleh pabrikan.

Namun terkadang ada juga produk KW yang tak kalah awet, tergantung pembeli yang beruntung mendapatkan produk dengan kwalitas yang lumayan bagus.

Sering terjadi pada pengendara motor yang kurang memperhatikan kondisi motornya secara detil, adalah mengalami baut macet. Itu karena saking awetnya part original yang digunakan. Tapi saat mau dibuka untuk dilakukan penggantian part,  bautnya malah macet dan susah untuk dilepas.

“Lupa untuk mengontrolnya. Saya pikir masih bagus, sampe sekarang dipakainya masih enak, padahal udah lebih dari 3 tahun. Karena bautnya susah dibuka, meski sudah disemprotkan cairan WD tapi masih lengket, jadi terpaksa di bor,” jelas Indra Bachtiar warga Rawajati, Jakarta Selatan, saat akan mengganti kampas rem depannya.

Kondisi ini terjadi karena korosi pada ulir baut bagian dalam. Korosi yang mengakibatkan karat membuat part seperti menyatu dan susah dipisahkan. Terjadinya korosi banyak penyebabnya, sebut saja air hujan dan kotoran yang melekat. Atau bahkan air dari cucian motor yang bercampur sabun. Reaksi kimia ini membuat kedua komponen yang harusnya mudah dipisahkan solah telah mengikat janji sehidup semati.

Untuk menghindari terjadinya kondisi ini, ada baiknya anda kontrol setiap setahun sekali. Agar korosi yang terjadi dibagian dalam tak makin parah. “Ada baiknya di cek tiap 6 bulan atau setahun sekali biar enggak kayak gini. Ngecek dan ngencengin baut sendiri gampangkan, jadi gak perlu ke bengkel,” jelas Ayung yang sedang menangani motor Indra.

“Ini sering terjadi karena produk asli memang awet, tapi kalau enggak sering di kontrol jadi bikin susah,” pungkas Ayung.

#Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor.

19 COMMENTS

  1. Cheap Coach Handbags on sale for customers now!
    Fashionable and warm Coach Handbags can keep your feet warm in freezing cold winter.
    Don’t miss Coach Handbags sale. Great products and low price is the reason why you should
    choose us.
    more from :Black and brown coach purses

  2. Michael Kors Store Is The Most Luxurious Brand In The Whole World; You
    Can Buy Your Favorite Official Michael kors Handbags Outlet Here In Our Store Sale At The Discount
    Price!
    more from : michael kors outlet