0
852

Ketua AISI : Kualitas BBM Masih Rendah

GilaMotor, JAKARTA.- Ajang Jakarta Motorcycle Show 2010 dengan tema Safety Riding & Eco Friendly, menitik beratkan pada masalah keselematan berkendara dan isu lingkungan hidup. Wajar, pasalnya dua persoalan ini bukan hanya menjadi isu hangat nasional, tapi dunia.

Dalam jumpa wartawan Jakarta Motorcycle Show 2010 di FX Sudirman, Jakarta (28/9) kemarin, ketua umum AISI, Gunadi Sinduwinata menekankan kepada perkembangan teknologi mesin motor dan bahan bakar berkualitas serta perilaku berkendara demi keselamatan.

Ikhwal kualitas bbm di Indonesia, Gunadi mengungkapkan jika kualitas bbm sudah baik maka secara otomatis teknologi mesin ramah lingkungan akan cepat terwujudkan. “Para produsen sebenarnya sudah mempunyai teknologi tersebut, tapi kualitas bbm nya belum bisa mendukung kearah sana,” ungkap Gunadi.

Gunadi menambahkan, AISI akan menekankan kepada pemerintah untuk segera meningkatkan kualitas bbm menuju standarisasi Euro 3.

“Kalau kualitas bbm kita telah baik dan memenuhi standar Euro 3, secara otomatis akan berimbas kepada jumlah produksi. Karena produk eksport kita harus memenuhi standar Euro 3 sementara kita masih berstandar Euro 2, otomatis produsen akan memproduksi dua tipe mesin untuk pasar yang berbeda,” tutur Gunadi.

“Kalau kita bisa mendapatkan BBM yang cocok, tentu produknya pun akan kita buat yang sesuai dengan kebutuhan eksport dan seluruh total produksi akan lebih efisien,” tambah Gunadi.

Penerapan standarisasi Euro 3 juga untuk menekan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Penulis/Foto : Jay