4
10628

Aplikasi Fairing R15 Pada V-Ixion, Perhatikan Pengkabelan dan Mounting

GILAMOTOR.com. – Salah satu pilihan modifikasi Yamaha V-Ixion adalah dengan mengaplikasi fairing YZF-R15. Cara ini dipilih karena tak perlu repot merubah konstruksi rangka yang sudah ada karena basis kedaunya sama. Secara postur dan desain pun kedua motor ini seperti pinang dibelah dua. Hanya saja yang satu lebih suka dengan jubah lengkap sementara yang satunya lebih suka telanjang / naked.

Untuk mendapat hasil sempurna, pemilik V-Ixion dapat membeli fairing asli R15 yang bisa dipesan di beberapa penyedia part after market. Atau bisa juga langsung memesan ke distributor yang memang punya jaringan ke India.

Namun ada yang perlu diperhatikan saat mengaplikasi fairing YZF-R15 ke bodi V-Ixion, khususnya di sektor pengkabelan. Pasalnya, ada beberapa perbedaan warna kabel yang digunakan pada motor Yamaha yang di jual di Indonesia dan India. Tapi secara keseluruhan wiring diagram keduanya sama.

Kesalahan pemasangan kabel bisa mengakibatkan beberapa fungsi fitur tidak bekerja, karena V-Ixion telah mengaplikasi sistem komputerisasi untuk mengatur kinerja beberapa fiturnya. Sebut saja panel instrument yang memberikan informasi tentang motor tersebut. Mulai dari diagnosa atau warning, hingga informasi kapasitas tangki bbm.

Kesalahan pada pengkabelan, dapat mengakibatkan fitur-fitur itu tidak bekerja. Dan yang lebih parah, akan merusak otak komputer motor tersebut atau ECU (Electronic Control Unit). Nah, sebelum Anda melakukan pemasangan kabel sendiri, ada baiknya Anda mengenal dan memahami sistem atau diagram pengkabelan Yamaha V-Ixion dan R15.

Untuk lebih detilnya tentang service dan diangram pengkabelan YZF-R15 bisa diunduh di sini. Dan untuk V-Ixion bisa diunduh di sini.

Selain masalah pengkabelan, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan agar pengaplikasian fairing R15 mendapatkan hasil sempurna.

Pemilik V-Ixion harus menambahkan plat baja setebal 1 cm yang dilas di depan dudukan komstir. Plat tersebut difungsikan untuk mengikat atau sebagai mounting fairing R15. Posisi peletakan plat tersebut pun harus diperhatikan, karena jika terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyulitkan pemasangan baut fairing di sisi kiri dan kanan bodi.

Tak hanya itu, bisa jadi fairing terlihat terlalu mendanga atau menunduk dan bahkan miring atau berat sebelah.

Disarankan, pemasangan plat ini diberi jarak sekitar 1 cm dari dudukan komstir bagian bawah agar fairing dapat terpasang secara sempurna. Dan yang terpenting akan terlihat rapi, baik dari tampak depan, sisi kiri maupun kanan.

Penulis/Foto : Jay

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”

4 COMMENTS

  1. r15 nya kang topik dari vixion, tanya aja kang topik tmcblog.com untuk dapet fairing asli r15 dari india

  2. Mahal Bro, dah pernah di ulas di otomotif, & dah tanya bengkelnya, sekitar 5,6jt fairing set belum sama spedometer, di semarang dah ada yang pasang full body r15, bajetnya kata bengkelnya nyampe 27jt, sampe cover knalpotnya jga ikut diganti & di las..