0
862

MotoGP Inggris : Impian Yamaha Raih Poin Kandas

GILAMOTOR.com, Inggris. – Impian tim pabrikan Yamaha untuk meraih poin penuh di MotoGP seri Silverstone, Inggris, kandas di tengah jalannya balapan basah pada Minggu (12/6). Dua pebalapnya Jorge Lorenzo dan Ben Spies terjatuh dan tak mampu melanjutkan balapan itu.

Padahal, sebelumnya Yamaha begitu yakin mampu meraih hasil maksimal di Silverstone mengingat pengalaman manis selama balapan di sirkuit kebanggaan Inggris ini. Namun sayang, kenyataan berkata lain.

Ben Spies yang sedang bersemangat setelah meraih podium pertamanya di Catalunya pekan lalu, terjatuh lebih dulu dan tak bisa melanjutkan balapan. Sementara Lorenzo harus terhenti di 12 putaran menjelang finish saat berusaha melewati pebalap Honda, Andrea Dovozioso yang berada di posisi ke 2.

Kondisi ini tentu sangat mengenaskan bagi Yamaha. Pasalnya, selain pulang dari Silverstone tanpa hasil, posisi pertama klasemen sementara MotoGP 2011 pun harus berpindah tangan ke pebalap Honda, Casey Stoner.

Di awal Lorenzo memang sempat memimpin jalannya balapan, namun hal itu tak berlangsung lama. Tiga pebalap Honda yakni Stoner, Dovi dan Simoncelli menggeser Lorenzo ke posisi 4.

Kala itu Lorenzo terlihat ingin bermain aman mengingat kondisi lintasan yang bergelombang dan basah. Namun sesaat setelah Simoncelli keluar lintasan dan Lorenzo berhasil merebut posisi 3, Lorenzo tampak bernafsu untuk merebut posisi ke 2 yang ditempati Dovizioso.

Tekanan semakin kencang menghampiri Lorenzo ketika Simoncelli berhasil memperpendek jaraknya. Untuk mengamankan posisi, satu-satunya cara adalah mengambil posisi Dovizioso. Namun naas, pada 12 putaran menjelang usai, ban belakang Lorenzo kehilangan traksi dan dia pun terpental ke luar lintasan.

Tak lama berselang, nasib naas juga menghampiri pebalap San Carlo Honda Gresini, Marco Simoncelli. Sedang semangatnya dia mengejar Dovi yang berada di posisi ke dua, ban depan motornya kehilangan traksi. Dan Simoncelli pun harus pasrah tak bisa menyelesaikan balapan di Silverstone.

Penulis : @jayadi72  /  Foto : MotoGP