3
1099

Sejarah Balapan Malam Perdana Yamaha Cup Race

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Untuk kali pertama dalam sejarah perjalanan Yamaha Cup Race (YRC) akan melangsungkan balapan pada malam hari.

Seri ke 12 YRC yang akan diselenggarakan di Kota Kembang, Bandung pada 24 September mendatang, akan digelar di Lapangan Gasibu yang disulap menjadi lintasan sirkuit sepan jang 950 meter.

Direncanakan 200 pebalap Yamaha akan adu kehebatan di balapan layaknya balapan seri pembuka MotoGP di Qatar, yakni pada malam hari. Penyelenggaraan balapan malam hari ini juga diharapkan menjadi tontonan yang mengasikkan dan menarik.

Sebagai penerang balapan malam hari disiapkan lampu sorot mercury 2×1000 watt di 40 titik. Ada 35 titik lampu yang akan menerangi sirkuit dengan memfokuskan penempatannya di garis start dan tikungan. Dua lampu lainnya diletakkan di paddock dan tiga lampu di booth.Kekuatan penerangan lampu yang disiapkan sudah memenuhi kebutuhan untuk balapan malam.

”Balapan malam tidak hanya bisa dilakukan di luar negeri tapi juga di Indonesia. Yamaha mewadahi ini untuk memberikan sensasi berbeda pada kompetisi lokal dan pengalaman bagi pebalap. Tentunya ini akan ikut memperkaya kreatifitas sentuhan ajang balapan di Indonesia,” papar Ari Wibisono, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Dibalapan ini, para pebalap dituntut memiliki stamina yang prima. Pasalnya, sesi latihan, kualifikasi dan balapan akan dilangsungkan dalam satu hari. Latihan dan kualifikasi digelar sejak pagi hingga siang hari dan dilanjutkan balapan mulai pukul 3 sore sampai 10 malam.

Hokky Krisdianto yang pernah merasakan balapan malam terbuka tahunan saat Tahun Baru di area stadion Mandala Krida, Yogyakarta, mengatakan bahwa fisik sangat penting untuk menjaga performa saat balapan malam.

”Dengan jadwal yang lebih padat digeber seharian dan sedikit istirahat, dibutuhkan fisik yang kuat. Sedangkan secara teknis prioritas motor pada setingan karburator yang berpengaruh ke total engine. Kerja ban pun akan lebih maksimal jika menggunakan tyre warmer (selimut pemanas ban),” jelas Hokky.

Penulis/Foto : @jayadi72

3 COMMENTS

  1. KATA – KATA buat Y*m*h*….

    BAPUNK…..

    Mencari bakat balapan dengan iming – iming bisa balapan di sirkuit beneran dengan mengendarai motor 900 cc…

    BULLSh**t….

    MASYARAKAT INDONESIA mau di BEGO in sama JEPANG….
    yang pasti memakai motor digunakan dengan baik..

    kalau dipikir-pikir, pembalap yang kalah akan merusak moral yang di jalanan yang netral….
    Lihat aja banyak bocah kampung dengan gayanya bawa motor dengan cara stand up. Kalau iya selamat, kalau ga?bisa merugikan yang laen…

    YANG PASTI JEPANG MASIH MENJAJAH INDONESIA….
    DENGAN CARA MERUSAK ALAM SADAR MANUSIA DAN MEMBABIBUTA SECARA SEMERBAK….

  2. to do poin aja… ga da yg bisa buad even akbar gni selain YAMAHA ,,,yg laen mah mentok dalam negri aja …cm komen2 sok tahu aja lo bung ,,,mental sejak dini itu perlu bung,,sok thu bgt..

  3. Simply want to say your article is as astonishing. The clarity in your post is simply cool and i can assume you’re an expert on this subject. Fine with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please keep up the gratifying work.