1
781

Yamaha Siap Masuki Era Motor Injeksi

GILAMOTOR.com, Bandung. – Era motor injeksi semakin nyata. Pabrikan motor di Indonesia mulai serius menggarap motor dengan sistem pengkabutan bahan bakar yang dikabarkan lebih hemat bahan bakar, mudah perawatan dan ramah lingkungan.

Honda lebih dulu melakukan deklarasi penggunaan teknologi injeksi pada produknya yang ditandai dengan peluncuran Spacy Helm-In injeksi dan Supra X 125 Helm-In injeksi, pekan lalu di Jakarta. Bahkan Honda menargetkan pada 2015 tak akan ada lagi produk barunya yang mengaplikasi sistem karburator.

Di tengah proses perwujudan motor dengan teknologi injeksi, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengaku terus memperkuat para mekaniknya dengan kompetensi. Selain pelatihan internal, juga ajang kompetensi mekanik tingkat dunia melalui ITGP (Indonesia Technician Grand Prix) yang telah menjadi agenda tahunan Yamaha.

Shirai Takayuki, Manager Service Division Yamaha Motor Corporation yang hadir dalam final ITGP di Cihampelas Walk, Bandung, menjelaskan bahwa pada dasarnya Yamaha siap untuk memasuki era motor injeksi. Namun untuk mengimbangi penjualan jelas butuh strategi yang baik, dari segi mekanik dan peralatan.

“Melalui kontes mekanik ini Yamaha ingin terus meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang diberikan. Sejak event ini digelar pada tahun 2000 lalu, kami telah mempelajari banyak hal khususnya untuk memberikan pelayanan, karena para mekanik adalah barikade terdepan yang melayani konsumen.”

Muhammad Abidin, Manager Technical Support PT YMKI mengaku bahwa Yamaha sudah sangat siap memasuki era motor injeksi. Namun dia juga menjelaskan bahwa pengaplikasian sistem injeksi pada semua motor Yamaha jelas butuh persiapan matang.

“Kami telah memiliki pengalaman untuk penanganan motor injeksi melalui V-Ixion. Kami harapkan hingga akhir tahun 2011 ini seluruh jaringan siap 100% untuk melayani motor injeksi. Dan kami terus memperkuat kemampuan mekanik kami yang tersebar di seluruh Indonesia,” tukas Abidin.

Di sela-sela acara ITGP, Abidin juga menyampaikan bahwa Yamaha Motor Corporation mendukung sepenuhnya untuk memasuki era motor injeksi, khususnya sarana yang dibutuhkan termasuk peralatan khusus.

Penulis | Foto : @Jayadi72