0
2362

Persiapan Sebelum Turing, Antisipasi Gangguan Di Motor

GILAMOTOR.com. – Untuk mereka yang tergabung dalam sebuah komunitas roda dua atau yang hobi melakukan perjalanan jauh alias turing, tentu membutuhkan persiapan khusus. Mulai dari kesiapan fisik, keuangan dan kondisi kuda besi kesayangan. Berbicara mengenai kesiapan motor, selain servis dan ganti oli, ada persiapan lainnya juga loh.

Tentu yang utama adalah mempersiapkan alat-alat perkakas ringan seperti obeng, kunci busi, kunci ring dan lainnya. Tentu untuk mengantisipasi saat ada kejadian darurat. “Apalagi kalau motor mogok dan enggak ada bengkel yang buka, otomatis kita sendiri yang harus memeriksa,” ucap Bowo Suherman, mekanik rumahan di daerah Bekasi.

Tiap motor pastinya dibekali perkakas ringan seperti obeng min dan plus,kunci busi,dan tang saat pertama membeli motor. Nah,perkakas tersebut jangan sampai enggak terangkut saat ingin turing.

“Selain itu peralatan khusus untuk motor yang dipakai jangan lupa dibawa, misalnya kunci L untuk membuka bodi. Karena ada motor yang harus menggunakan kunci L,” ujar Bowo.

Nah,tools tadi sebaiknya ditambahkan dengan kunci lainnya. Misalnya kunci pas ukuran 8,10,12,14,17 dan 19, isolasi kabeldan cable ties. Sebagai antisipasi juga kalau memang ada kejadian darurat, karena enggak ada yang bisa memprediksi motor akan bermasalah atau tidak. Tentunya membawa peralatan sebanyak itu lebih baik ketimbang enggak bawa sama sekali dan harus mencari bengkel di perjalanan yang belum tentu bisa diharapkan.

Spare Part Cadangan

Selain membawa kunci tambahan, jangan lupakan juga untuk membawa spare part cadangan sebagai antisipasi kalau ada komponen/part yang rusak. “Siapkan kabel kopling, kabel gas, ban dalam, busi dan bohlam lampu cadangan,” ujar Arya Raharja Jatmika, dari EA Motorshop di daerah Pejaten.

Oiya, kalau ada kejadian seperti motor mogok, bohlam putus dan sebagainya, sebaiknya cari lokasi yang ramai dan terang. Untuk mengantisipasi niat jahat orang dan kita bisa lebih nyaman memperbaiki part yang rusak.

Selamat berkendara ya.