3
1041

/rif : Bukan Masalah Kendaraan Tapi Sikap dan Kemampuan Bekendara

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Selama ini gembar-gembor keselamatan jalan raya seperti tak ada akhirnya disuarakan berbagai kalangan. Mulai dari instansi pemerintahan hingga kalangan masyarakat. Namun ironisnya, masih banyak yang cuek pada masalah keselamatan jalan.

Sejauh ini, mayoritas korban kecelakaan lalu lintas adalah pengendara motor. Bentuknya yang kecil dan acap kali tak terlihat karena terhalang oleh kendaraan yang lebih besar, membuat motor memiliki potensi celaka terbesar.

Tapi, semua itu kembali pada si pengendara, bukan masalah pada kendaraannya. Karena sikap dan kesadaran berkendara aman serta kemampuan berkendara juga menjadi faktor penentu terjadi atau tidaknya kecelakaan.

Seperti dikatakan band rock asal Bandung, /rif. Menurut mereka, permasalahan bukan pada kendaraannya tapi pada pengendaranya.

“Sikap dan kemampuan berkendara itu yang menjadi faktor kecelakaan, bukan karena kendaraannya. Mau itu mobil atau motor ber cc besar dan kecil, selama pengendara punya kesadaran berkendara aman dan kemampuan berkendara yang baik, potensi kecelakaan bisa diminimalkan,” tutur Andy, vokalis band /rif di sela-sela temu wartawan Pulsar Pasti Lelaki Tour–Indonesia’s 1st Freestyle Biking & Music Festival di Qi Lounge Hotel Sultan Jakarta (27/3).

Senada dengan Andy, gitaris band /rif Ovy, juga menuturkan hal yang sama. Bahkan menurutnya, masih banyak pengendara motor yang berkendara seruntulan. “Banyak juga pengendara motor yang bikin kesel. Ridingnya amburadul dan meresahkan,” tutur Ovy.

Sikap berkendara yang dituturkan /rif bukan hanya merugikan diri pengendara itu sendiri, tapi juga mengancam nyawa orang lain.

Bahkan Andy berseloroh, “Pengendara yang tidak mematuhi dan tak peduli pada peraturan serta keselamatan berkendara, itu pengendara bodoh.”

Nah, Bro and Sis gak mau kan dikatakan pengendara “bodoh”?

Yuk, ubah gaya dan sikap berkendara kita. Hati-hati dalam berkendara, patuhi peraturan, selalu waspada dan hormati pengguna jalan lain.

Penulis: @Jayadi72 | Foto: @Jayadi72

3 COMMENTS