5
2491

Gilamotor Tour de Ujung Genteng

GILAMOTOR.com. – Mengisi liburan panjang pekan lalu, Gilamotor Chapter Bekasi melakukan touring menuju obyek wisata Ujung Genteng Sukabumi pada 17-19 Mei 2012.

Selain Gilamotor Chapter Bekasi, acara touring itu juga diikuti oleh perwakilan Gilamotor Chapter Depok-Bogor dan Tangerang. Bukan sekedar touring. Perjalanan singkat ini juga dimaksudkan untuk mengenal lebih dekat dengan kekayaan wisata alam Indonesia.

Dari cerita yang ada, nama Ujung Genteng berasal dari kata Ujung Gunting, atau sebuah lokasi yang berada di sudut. Karena memang letak lokasi wisata nan elok itu berada di ujung pulau Jawa Barat yang bentuknya seperti gunting. Nah, itulah alasan mengapa dinamakan Ujung Gunting, dan kini lokasi wisata itu lebih dikenal dengan sebutan Ujung Genteng.

Desiran ombak, hamparan pasir putih dah hembusan angin serta paduan birunya langit dan laut di batas cakrawala menjadi kenikmatan yang tak bisa dibayar dengan uang. Menikmati senja yang berusaha menggantikan terik mentari, sambil memasrahkan tubuh digerayangi lembutnya hembusan angin pantai Pengumbahan, Ujung Gentang.

Tak adil rasanya jika hanya menyapa pantai saja. Obyek wisata lain yang tak kalah eksotis adalah air terjun atau yang disebut Curug Cikaso.

Di balik eksotisme Curug Cikaso, tersimpan mitos dari tiga air terjun yang turun dari ketinggian itu. Konon diceritakan bahwa ketiga air terjun itu pernah disinggahi oleh Pante Butah, Nyi Roro Kidul dan Ulung Sakti.

Dari cerita masayarakat setempat, Curug ini pernah digunakan sebagai lokasi pernikahan anak dari Ulung Sakti. Dari kisah itu pula disebutlah curug ini sebagai Curug Pengantin. Dan pada tahun 2000, nama Curug Pengantin diganti menjadi Curug Cikaso setelah memalui proses sesembahan dengan pemotongan kambing hitam sebagai tanda permohonan izin kepada leluhur penghuni curug tersebut untuk mengubah namanya menjadi Curug Cikaso.

Selain Curug Cikaso, para member Gilamotor ini sesungguhnya ingin menyambangi Pantai Ombak Tujuh dimana di pantai tersebut biasanya akan ada gugusan 7 ombak berkejaran sebelum akhirnya terpecah menghantam batu karang. Sayangnya, jembatan bambu untuk menuju ke Pantai Ombak Tujuh sudah terlihat rapuh.

“Tak mau ambil resiko, akhirnya kami membatalkan perjalanan menuju Pantai Ombak Tujuh dan kembali ke Pantai Pengumbahan,” jelas Teguh Prasetyo, Gilomoter Chapter Bekasi-Jakarta.

Gilamotor Tour de Ujung Genteng ini juga mendapatkan dukungan dari pelumas dalam negeri Evalube yang kualitasnya sudah teruji.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: Gilmoters

5 COMMENTS