0
965

Stoner Samakan Poin Dengan Lorenzo

GILAMOTOR.com, Assen. – Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, berhasil menyamakan poinnya dengan pemimpin klasemen sementara MotoGP Jorge Lorenzo setelah memenangkan balapan seri ke tujuh di sirkuit Dutch TT Assen Belanda, Sabtu (30/6).

Start dari posisi terdepan, Stoner sempat mendapatkan perlawanan dari rekan setimnya Dani Pedrosa. Pedrosa yang melakukan start bagus sempat memimpin hingga balapan menyisakan 11 putaran. Stoner yang tahu bahwa dia butuh meraih podium pertama untuk menyamakan kedudukan, dengan tenang melaju di belakang Pedrosa.

Selama berada di belakang Pedrosa, Stoner sesungguhnya punya banyak peluang untuk melewatinya sejak awal, namun tak dilakukannya untuk mempertahankan performa ban mengingat kondisi sirkuit yang sebelumnya sempat diguyur hujan.

Usai melewati Pedrosa, pebalap yang dijuliki sebagai manusia tercepat di dunia itu melesat kencang meninggalkan Pedrosa dan membuat jaraknya semakin jauh. Dan dia pun berhasil memenangkan balapan.

Lorenzo yang bertekad bermain bagus di Assen untuk mengokohkan posisinya di puncak klasemen tak bisa mengikuti balapan karena terjatuh setelah tersapu motor Alvaro Bautista di tikungan pertama saat balapan baru saja dimulai.

Start dari posisi ketiga, Lorenzo sesungguhnya punya peluang untuk bertarung di depan bersama Stoner dan Pedrosa. Naas, Bautista yang start dari posisi delapan dan melesat kencang di sisi dalam tak bisa menaklukkan tikungan pertama, dia tergelincir dan motornya ikut menyapu motor Lorenzo yang tepat berada di sisi kirinya.

Di sisi lain, juga terjadi pertarungan sengit dua pebalap Yamaha. Ben Spies yang berusaha mengulang sukses tahun lalu di sirkuit ini seperti kehilangan kekuatan. Setelah gagal bertarung di depan dengan Pedrosa dan Stoner, dia bertarung melawan tim satelit Yamaha Tech 3 Andrea Dovizioso untuk merebut posisi ketiga.

Dovi yang ingin membuktikan diri bahwa dia layak duduk di kursi pebalap utama tim pabrikan Yamaha, tak mau mensia-siakan kekuatannya. Setelah sempat beberapa kali saling susul dengan Ben Spies, akhirnya pebalap asal Italia itu berhasil memecundangi Spies di beberapa putaran menjelang usai. Dan Dovizioso pun berhasil berdiri di podium ketiga bersama Stoner dan Pedrosa.

Rekan satu tim Dovi di Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow juga tampil memukau. Perlahan namun pasti, pebalap asal Inggris itu berhasil melewati satu demi satu pebalap yang ada di depannya.

Dari posisi delapan di berhasil melewati para pebalap Ducati. Hector Barbera menjadi pebalap pertama yang dilewati Crutchlow. Berlanjut Valentino Rossi dan Nicky Hayden. Usai melewati para pebalap Ducati itu, Crutchlow berhasil membuat jarak cukup jauh dan finis di posisi kelima di belakang Ben Spies.

Valentino Rossi yang berharap tampil bagus di Belanda, harus puas finish di posisi tiga belas setelah dia harus masuk pit untuk mengganti ban.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: MotoGP