0
893

Spies Tinggalkan Yamaha Di Akhir Musim

GILAMOTOR.com. – Setelah kabar mengejutkan datang dari Casey Stoner yang menyatakan akan pensiun pada akhir musim 2012, dunia balap MotoGP kembali dikejutkan dengan informasi sepihak dari pebalap tim pabrikan Yamaha, Ben Spies, yang akan hengkang pada akhir musim 2012.

Pebalap asal Texas itu menyatakan dia akan meninggalkan tim pabrikan Yamaha pada akhir musim ini sebelum balapan di kampung halamannya di Laguna Seca, Amerika Serikat, digelar.

Memang, dari sembilan seri berlalu Spies belum menunjukkan performa terbaiknya. Bahkan kini dia berada di posisi kesepuluh klasemen sementara MotoGP 2012, jauh tertinggal oleh dua pebalap tim satelit Tech 3.

Informasi sepihak nya untuk hengkang dari Yamaha memunculkan beragam spekulasi.

Apakah ada ketidak harmonisan antara Spies dan manajemen Yamaha? Ataukah rumor kembalinya Valentino Rossi ke Yamaha menjadi penyebabnya?

Sebelum statementnya yang mengejutkan, Spies memang sempat berkata melalui akun twitter nya @BenSpies11. Dia berkicau “Mungkin tidak ada perubahan kecuali bisa kembali di mana kita seharusnya!”

Tak ada yang menduga bahwa kicauan itu merupakan indikasi rencananya meninggalkan Yamaha tahun depan. Lantas kemana Spies akan pergi? Kicauan “bisa kembali di mana kita seharusnya” mengindikasikan bahwa dia akan kembali ke tim terdahulu. Apakah dia akan kembali ke WSBK atau ke Suzuki seperti beberapa tahun lalu sebelum dia bergabung bersama tim Tech 3. Tapi Suzuki baru akan kembali ke MotoGP tahun 2014 mendatang.

Jadi kemungkinan terbesar adalah kembali ke WSBK. Tapi itu hanya dugaan, saat ini hanya dia dan tuhan yang tahu.

“Aku telah memilih untuk meninggalkan Yamaha setelah musim ini berahir karena beberapa alasan. Aku akan jelaskan saat waktunya sudah tepat. Aku mendiskusikan situasiku dengan sponsor-sponsor ku dan mereka mendukung ku. Ada beberapa orang di Yamaha yang aku benci untuk meninggalkannya. Dan mereka tahu siapa mereka. Aku berharap Yamaha yang terbaik. Aku tak ingin membuat komentar lebih jauh sampai pengumuman resmi keluar.”

Spies mengaku bahwa dia sangat senang untuk melakukan yang terbaik untuk sisa musim ini demi para penggemarnya dan dirinya sendiri. “Tahun depan mulai bab baru,” celotehnya.

Photo: Yamaha Racing