42
2606

Ssttt… Honda Sedang Siapkan Pesaing Satria FU.?

GILAMOTOR.com. – Nggak bisa dipungkiri, saat ini bebek 150 cc Satria FU melenggang sendirian. Bebek hyper underbone ini pun punya peminat yang tinggi. Bayangin aja, unitnya bisa terjual lebih dari 20.000 unit perbulan. Meski harganya sekarang mendekati Rp 20 juta, tapi peminat Suzuki Satria FU tetap tinggi.

Ngeliat tingginya angka penjualan Suzuki, sudah pasti para pabrikan nggak tinggal diam. Pasti bidikannya sudah diarahken ke segmen tersebut. Tinggal tunggu waktu saja kapan picunya akan ditarik untuk melepas pesaing Satria FU. Honda salah satu pabrikan yang sedang membidik pasar tersebut.

Terus Honda mau keluarin apa.? Secara pasti, belum bisa ditebak motor apa yang bakal dikeluarkan Honda untuk mengganggu hegemoni Satria FU di pasar motor domestik. Tapi pasti sebuah motor yang nggak kalah di sektor desain dan performa dari motor bebek Ayam Jago itu.

Apa.? Pakai Sonic.? Yah nggak mungkin lah, secara Sonic mahluk lawas. Lagi pula kapasitas mesinnya jauh lebih kecil dari Satria FU. “Yaa tinggal pakein mesin CBR150 ajah, beres tohh..?” Yah nggak segampang itu, bro en sis. Para insinyur pengembang bebek super pesaing Satria FU kudu dapat lampu hijau dulu dari para pemgembang mesin CBR150. Nggak bisa main comot.

Bikin motor bebek pesaing Satria FU dengan mesin CBR150, sudah pasti para pengembang mesin CBR150 mencak-mencak. Gimana nggak. Kelas CBR150 jelas beda dengan Satria FU. Masa mesin motor sport tulen mau diturunin derajatnya jadi mesin motor bebek. Oww, tidak bisaaa..!!! Makanya, sepertinya para pengembangnya sedang putar otak untuk membuat motor pengganggu pasar Satria FU.

Kalau dikembangin dengan mesin yang sudah ada, itu nggak akan butuh waktu lama. Paling lama setahun. Tapi kalau benar-benar baru sudah pasti butuh waktu lebih dari setahun atau setidaknya sampai dua tahun. Kalau Honda mulai riset ngembangin pesaing Satria FU sejak tahun lalu, bisa dipastikan motor itu bakal hadir di tahun mendatang.

“Kami memantau perkembangan penjualan Satria FU. Luar biasa, itu pasar yang potensial,” menurut salah satu tim teknis di PT Astra Honda Motor (AHM). Menurut nya Honda juga akan mengarah ke segmen itu. “Yang jelas nggak mungkin tahun ini,” ucapnya. Mmmm.. motor apa yah..?

Gimana menurut Gilmoters.? Silahkan dikomentari….

42 COMMENTS

  1. Satria fu harus ada pesaingnya,karena harga yg gak masuk akal kemahalan, secara hanya mengandalkan DOHC doang,kagak ada radiator dan injeksi,,,saya senang MX 5 speed pakai blox vixi,,

  2. bener bro ahai tp untuk honda mencangkok mesin cbr 150 ke rangka nova/tena/dash ga segampang membalik telapak tangan karena berbedanya dudukan mesin serta hitungan geometri beban aerodinamika dan tetek-bengek lain jika hal ini dilaksanakan membutuhkan waktu riset yg tidak sebentar mungkin honda berpikir untuk membuat jenis baru dengan basis honda nova…..sementara Untuk suzuki mudah” saja mencangkok mesin fxr ke rangka rider karena fxr dan Rider diciptakan dengan tipe mesin yg sama tapi dengan wujud dan cc yg berbeda, fxr sport back bone sedangkan rider sport underbone, nah untuk mengebrak pasar terutama indonesia (yg lagi hot” nya dengan 4 tak) dilahirkanlah Satria rider bermesin fxr yg mulanya diriset di malaysia (pusat riset Suzuki ASEAN dibawah tau 2002 berpusat di malaysia dibantu prinsipal suzuki hong leong) dengan part dari thailand…(lihat Satria F keluaran lama di beberapa part bayak tulisan cacing thailand)..lahirlah Satria F yang beredar sampai sekarang…coba bro lihat mesin fxr dengan rider dari luar plek blek sama…sehingga tingal mengoper bebrapa part dengan penyesuaian, menurut sumber dari Suzuki malaysia, Satria F tidak sekenceng FXR…karena bebrapa sebab karena rangka yang kecil serta alasan harga…kompresi dan bebrapa item dikurangi untuk beberapa sebab diatas…sekian dari saya kalau terlalu bertele” dan tidak berkenan saya mohon maaf sebesar” nya…untuk perhatiannya saya haturkan terima kasih…hormat kami BEST (bean engine sport & tuning)

  3. lha, cbr150 di downgrade ke cb150 bisa pan? masa ke ayago ga bisa, apalagi pasar ayago baru ada pemain tunggal dan pasarnya cukup gemuk juga…

    tapi kasian suzukinya, thunder 125nya ditimpuk verza, inazuma diselip kawasaki z250, sekarang satu2nya flagship yaitu F-150 mau ditelikung juga 🙁 🙁 🙁