32
2227

Suzuki Datang Di Meeting ECU Baru, Kode Suzuki Balik ke MotoGP?

GILAMOTOR.com. – Rumor tentang Suzuki mau come back ke MotoGP di 2014 kayaknya bakal jadi kenyataan nih. Tapi masih kayaknya, sih. Soalnya di meeting besar antara tim pabrikan dengan penyuplai ECU untuk, insinyur perwakilan Suzuki hadir untuk membahas masalah teknis kerja ECU made in Magneti Marelli itu.

ECU made in Magneti Marelli itu awalnya sempat ditentang keras. Bahkan Honda siap ambil ancang-ancang untuk memindahkan isi paddock nya ke balap lain alias walk out dari MotoGP kalau urusan hardware dan software nggak sepenuhnya ditangani oleh produsen. Tapi masalah itu akhirnya ketemu jalan tengahnya, pabrikan boleh pakai software masing-masing dengan spek hardware yang sudah ditentukan. Tapi dengan hukuman dikurangi jatah baban bakarnya 4 liter.

Kembali ke soal Suzuki. Di meeting yang dihadiri oleh para insinyur dari pabrikan seperti Honda, Yamaha dan Ducati, datang pula insinyur dari Suzuki. Mereka meeting dengan Magneti Marelli yang akan mensuplai ECU untuk MotoGP 2014. Meeting itu bertujuan untuk membantu para produsen memahami bagaimana mengintegrasikan teknologi mereka dengan sistem baru. Tapi tetap saja Shuhei Nakamoto, HRC Executive Vice President bilang masih menyisakan tanda tanya besar. Maksudnya belum clear, masih bingung kali yee..?

“Dua minggu lalu kami dan para insinyur mengunjungi pabrik Magneti Marelli,” kata Shuhei Nakamoto. “Semua anggota dari tim pabrikan Yamaha, Suzuki, Ducati dan Honda, hadir. Kami membuat banyak pertanyaan, tapi tetap saja bagi kami itu tidak 100 persen jelas (bagaimana mengadaptasikan dengan sistem baru)..” ucap Nakamoto.

Dari situ muncul pertanyaan yang diajukan ke Nakamoto oleh media tentang rencana kembalinya Suzuki ke MotoGP. Pastinya bukan Gilamotor.com yang nanya. Ini aja tahu dari crash.net. Hehehe. Kehadiran Suzuki ke pabrik Magneti Marelli, apakah sebagai ‘kode’ kalau Suzuki akan ke MotoGP di 2014 nanti. “Saya tidak tahu, tapi Suzuki ada di sana. Apakah Suzuki berpartisipasi atau tidak di 2014, tanya ke Suzuki.” Bener juga sih. Nanya masalah rencana Suzuki kok ke Honda. Yang benar, ya tanya langsung ke Suzuki nya. Walau begitu, Nakamoto punya feeling kalau Suzuki akan hadir di 2014. “Feeling saya mereka akan ikut…” tutup Nakamoto.

Sedikit tentang Suzuki. Pabrikan berlambang S ini sejak 2007 nggak pernah menang dan pada musim 2011 Suzuki mundur dari MotoGP karena krisis financial. Tapi Suzuki punya niatan untuk kembali ke MotoGP tahun depan. Kalau bisa sih bukan cuma Suzuki aja yang balik ke MotoGP tapi Aprilia, Kawasaki, BMW, MV Agusta juga balik ke GP. Biar makin rame dan bukan cuma Honda dan Yamaha.

32 COMMENTS

  1. DmsC0q I like what you guys are up too. Such smart work and reporting! Keep up the excellent works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my site 🙂