1
1015

HUT Ke-10 Forwot, Mantapkan Citra Wartawan Bidang Otomotif

GILAMOTOR.com – 30 April 2013, tepat 10 tahun berdirinya Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) Indonesia. Forum yang menjadi wadah komunikasi dan edukasi para wartawan bidang otomotif, baik roda dua maupun roda empat.

Bersama FORWOT, diharapkan para wartawan bidang pemberitaan otomotif mampu menyeimbangkan pengetahuannya dalam menghadapi perkembangan teknologi industri otomotif yang pesat. Pasalnya, kurangnya pengetahuan itu dikhawatirkan bisa membuat informasi yang diserap publik tidak komprehensif dan memungkinkan munculnya salah tafsir.

“Usia ke-10 FORWOT ini sekaligus menjadi momentum untuk memantapkan citra wartawan bidang otomotif di Indonesia agar lebih jujur, cerdas, dan kritis, sebagaimana yang menjadi slogannya,” kata Ketua Umum FORWOT Eri Haryoko di sela-sela perayaan HUT ke-10 FORWOT di Jakarta (30/4).

Selain itu, FORWOT juga telah melakukan fokus lain berupa pemahaman keselamatan berkendara yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi isyu krusial di Tanah Air. Bersama produsen-produsen kendaraan, FORWOT menggelar program pelatihan keselamatan berkendara kepada wartawan dan publik. “Sejak tahun lalu (2012) program pelatihan keselamatan berkendara telah dijalani FORWOT secara intensif, dan tahun ini intensitas tersebut kami naikkan.”

Pada perayaan ulang tahun ini FORWOT juga memperkenalkan logo baru menggantikan bentuk sebelumnya yang digunakan sejak satu dasawarsa lalu. Di kesempatan yang sama, forum juga meluncurkan sebuah laman internet www.forwot.com yang akan menjadi sumber berita otomotif bagi para wartawan Indonesia. Melalui situs berita ini para produsen dan pebisnis otomotif di Tanah Air juga bisa memanfaatkannya sebagai pusat penyebaran berita kepada publik.

FORWOT sendiri merupakan sebuah perkumpulan tidak mengikat wartawan bidang berita otomotif di Indonesia. Forum ini dibentuk pada 30 April 2003 hasil gagasan beberapa wartawan senior yang bertujuan untuk mengimbangi pesatnya pertumbuhan industri otomotif nasional yang membutuhkan pemberitaan-pemberitaan komprehensif di media massa, sementara saat itu belum banyak wartawan spesialis otomotif di Tanah Air. Seiring waktu FORWOT telah menjadi jembatan bagi para wartawan yang ingin atau ditugaskan meliput pemberitaan otomotif kepada sumber-sumber berita yang tepat.

Di tengah semakin dewasanya FORWOT, forum ini juga terus berbenah diri dan berupaya mengembangkan mutu profesional wartawan-wartawan Indonesia, khususnya dalam bidang ilmu otomotif. Kini FORWOT telah diisi sekurangnya 150 wartawan dari berbagai media massa di Tanah Air.

1 COMMENT

  1. Whats Going down i’m new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It absolutely helpful and it has helped me out loads. I’m hoping to give a contribution & help other users like its aided me. Good job.