28
2789

Pulsar 200NS Tidak Bisa Service Di Bengkel Bajaj

GILAMOTOR.com – Bulan depan, Pulsar 200NS dipastikan akan resmi mengaspal di Indonesia. Tapi motor dengan teknologi tiga busi ini tidak akan bisa melakukan perawatan berkala atau service di bengkel resmi Bajaj.

Pasalnya, motor ini akan dipasarkan oleh Kawasaki. Jadi motor yang belum diketahui apa nama yang akan disandangnya saat dipasarkan oleh Kawasaki ini hanya bisa di-service di bengkel Kawasaki. “Itu adalah kebijakan dari prinsipal, jadi kami tidak tahu lebih detil. Yang kami tahu bengkel Bajaj tidak bisa melayani Pulsar 200NS,” ucap National Service Manager PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) Jun Franco Purba di Jakarta, Jum’at (31/5).

Jun menjelaskan, Pulsar 200NS butuh lebih banyak special tools dibanding motor Bajaj yang sudah dipasarkan oleh BAI. “Ada 19 item special tools yang tidak ada di bengkel Bajaj, jadi special tools itu hanya ada di bengkel Kawasaki,” ucap Jun.

Sejauh ini BAI hanya mempunyai 46 special tools untuk menangani produk-produk yang sudah dipasarkan di Indonesia seperti Pulsar 180, 135LS dan 220F. Sementara untuk Pulsar 200NS ada 19 item special tools yang tak dimiliki oleh BAI. Jadi kalaupun BAI bisa melakukan service untuk Pulsar 200NS, BAI harus punya 65 special tools. “Kami tak tahu ke depannya, apakah BAI akan terlibat untuk melakukan service motor itu atau tidak. Tapi bisa jadi BAI akan bisa melakukan service 200NS, karena bengkel Kawasaki kan tidak banyak juga,” ucap Jun.

Tapi Jun menjelaskan, untuk urusan pelatihan mekanik, BAI yang melakukan training kepada mekanik Kawasaki sebagai persiapan penjualan motor Pulsar 200NS, “Untuk selanjutnya Kawasaki jalan sendiri,” tambah Jun.

Pulsar 200NS adalah motor terbaru Bajaj yang sudah dipasarkan di India dengan teknologi tiga busi. Mesin 200cc nya diklaim punya luaran tenaga hingga 23,5 bhp pada 9.500 rpm dengan torsi 18,3 Nm di 8.000 rpm yang ditransfer ke roda melalui transmisi manusl 6 percepatan.

28 COMMENTS

  1. Ga dibengkel bajaj di bengkel kawasaki jg gpp… toh dibogor juga dealer bajaj dah pada tutup