1
1448

Kata Penjelajah Asal Australia : Kang JJ Luar Biasa

GILAMOTOR.com – Jeffrey Polnaja telah mencatat sejarah sebagai penjelajah pertama asal Indonesia yang berhasil mencapai Deadhorse, Prudhoe Bay, titik akhir Dalton Highway, yang merupakan jalan paling utara di Benua Amerika. Ukiran sejarah yang dipahat pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini terasa fenomenal mengingat dirinya melakukan seorang diri dengan sepeda motor besar BMW R 1150 GS yang dikendarainya sejak dari Belgia pada tahun lalu.

Penjelajahan yang dilakukan pria yang akrab disapa Kang JJ ini merupakan bagian dari perjalanan keliling dunia kedua seorang diri dalam misi Ride for Peace (RFP). Kang JJ mencapai Deadhorse setelah menempuh perjalanan dari tahapan pemberhentian sebelumnya di propinsi British Colombia, Kanada pada awal Juni ini.

Menurut para bikers dunia yang pernah menjelajah hingga ke daerah beku tersebut jalur yang dilalui Kang JJ bukanlah rute ringan. Hal tersebut juga dibenarkan Kang JJ setelah dia merasakannya sendiri. Dikatakannya, jalur jalan sepanjang 800 km yang dilintasi hingga Deadhorse sering kali tertutup salju tebal. Kondisi ini tak hanya memberikan tantangan kuat bagi sepeda motornya, tapi juga stamina fisik di tengah suhu udara yang membeku.

“Saya sudah sering diingatkan oleh teman-teman bikers bahwa jalur menuju Deadhorse sangat ganas. Mereka bilang hanya bikers tertentu yang kuat secara fisik maupun mental yang bisa mencapai titik itu. Merupakan achievement tersendiri bagi penjelajah yang berhasil melewatinya,” kata Kang JJ yang juga mengaku mendapat halangan cukup berat selama perjalanan menantangnya.

Sementara itu, John Alderson, penjelajah dan penggemar sepeda motor asal Australia yang sudah 30 tahun bermukim di Fairbanks, Alaska, mengakui ketangguhan Kang JJ yang bisa mencapai Deadhorse. “Jeffrey tidak hanya mencatat sejarah tersendiri, tapi juga menginspirasi para penjelajah dunia lainnya untuk mempercepat waktu jelajah,” ujar Alderson.

Diceritakannya, umumnya untuk mencapai Deadhorse para penjelajah membutuhkan waktu sedikitnya lima hari. “Jeffrey hebat. Dia bisa melakukannya dalam dua hari, di mana sehari pergi dalam cuaca cerah, dan sehari kembali dalam cuaca buruk dan hujan. Padahal rata-rata bikers butuh lima hari, termasuk istirahat sehari di Deadhorse,” ungkapnya.

Alderson menambahkan bahwa catatan waktu yang dibukukan Kang JJ untuk mencapai Deadhorse sangatlah luarbiasa. Hal itu mengingat sebagian besar lintasan bukanlah jalan aspal. Terlebih ketika basah lintasan menjadi begitu licin karena permukannya diperkeras menggunakan kimia. Bahkan keganasan rute itu telah mengundang salah satu program televisi Internasional untuk mendokumentasikan di jaringan televisi kabel History berjudul “Ice Road Truckers.”

Sebelumnya, Kang JJ telah  melewati kawasan utara Kanada sampai Lingkaran Artik (Artic Circle). Untuk mencapai tempat tersebut dia menjelajah wilayah Steward melalui Cassier Hyder Road, Purple Heart Trail, dan Alaska Highway. Seperti diketahui Steward dan Hyder merupakan daerah yang sangat terkenal untuk melihat kehidupan beruang grizzly ketika menangkap ikan salmon di sekitar bulan Juli dan Agustus.

Di Fairbanks pula dalam beberapa hari ke depan pria yang telah singgah dilebih dari 77 negara itu akan menjalani istirahat sebelum menaklukkan rute penjelajahan selanjutnya. “Rencananya, saya akan melakukan perjalanan ke Denali, Yukon dan kembali ke selatan menuju Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Semoga tidak ada halangan berarti, dan saya saya bisa menyelesaikan tahapan itu agar nama Indonesia semakin dikenal di dunia lewat aktivitas RFP,” ujar Kang JJ.

1 COMMENT