0
808

Suzuki Harusnya Ikut MotoGP 2014

GILAMOTOR.com – Regulasi baru, persiapan motor baru, tunggu waktu berburu pembalap kelas satu, membuat Suzuki batal kembali lagi ke MotoGP di 2014. Sekarang Suzuki lagi kerja keras mengembangkan prototype 1000cc nya dan pengujian ECU baru dari Magneti Marelli.

Tim yang sekarang diasuh oleh mantan manager tim Yamaha Davide Brivio, sudah beberapa kali menguji prototype barunya. Terakhir akhir pekan kemarin di Motegi, Jepang, oleh dua test ridernya Randy de Puniet dan Nobuatsu Aoki.

Hasil tes nggak jelek-jelek banget. Beda tipis dengan tim pabrikan yang bakal jadi musuhnya kelak. Tapi ini baru hasil sesi tes yang notabene punya atmosfer berbeda dan tekanan berbeda. Maknya, sebelum benar-benar kembali ke MotoGP 2015, Randy de Puniet merekomendasikan Suzuki ikut balapan di tahun 2014 sebagai tim wild card. Soalnya, dengan ikut balapan Suzuki akan mengetahui sejauh mana level mereka untuk bersaing dengan tim lain.

“Aku sudah jelaskan ke Suzuki, lebih baik ikut di beberapa seri MotoGP 2014. Di sana [balapan musim 2014] akan banyak pelajaran besar yang bisa dipetik,” papar Randy.

Menurut pembalap asal Perancis ini, dengan mengikuti beberapa seri di 2014 sebagai tim wild card, Suzuki akan punya gambaran sebelum benar-benar kembali ke arena sirkus balapan motor. “Saya bukan bos Suzuki, tapi kalau kembali ke MotoGP 2015 harusnya di 2014 sudah punya bayangan dengan mengikuti balapan sebagai tim wild card,” tambah Randy.

Randy juga memaparkan kalau hasil tes selama ini akan lebih lengkap di ditambah dengan data saat balapan sebagai tim wild card. “Karena melakukan hanya melakukan tes dan jadi peserta balapan hasilnya tak akan sama. Itu jelas akan sangat berbeda,” tegasnya.