0
817

FIFGroup: Pembiayaan Motor Sport Terus Meningkat

GILAMOTOR.com – Sebelumnya, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan penjualan sepeda motor secara nasional akan ada di rentang 6,3 – 6,7 juta unit sepanjang tahun 2013. Tapi setelah melihat hasil penjualan pada smester I penjualan sudah mencapai angka 3.9 juta unit, AISI pun merevisi target tersebut menjadi 7,1 – 7,3 juta unit, atau naik 8,9 persen dari target semula.

Usai libur Lebaran pada Agustus lalu, terlihat kenaikan penjualan di semua segmen khususnya motor sport. Kondisi ekonomi yang terus membaik, membuat peralihan segmen motor ke tingkat yang lebih tinggi juga jadi salah satu pemicunya.

Kenaikan penjualan motor sport juga dirasakan oleh perusahaan pembiayaan khusus motor Honda, FIFAstra. Dikatakan Djap Tet Fa, Direktur Pemasaran FIF Group bahwa saat ini peningkatan belum besar, tapi tahun depan diprediksi pembiayaan motor sport akan setingkat dengan pembiayaan motor bebek.

“Kami menargetkan pembiayaan sepeda motor tahun ini 1.2 juta unit. Tapi pada akhir Oktober kemarin kami sudah membiayai sebanyak 1.1 juta unit sepeda motor,” ucap Tet Fa di sela-sela CSR pemberian bantuan ke sekolah dan panti asuhan SLB di Sleman, Yogyakarta (6/11).

“Memang terjadi peningkatan di segmen motor sport. Dari total pembiayaan itu, segmen motor bebek mencapai 17% dan sport 8% sisanya motor matik. Tahun depan, pembiayaan segmen motor sport kami prediksi akan sama dengan motor bebek,” cetus direktur termuda FIF Group itu.

Kehadiran CB150R dan Verza 150 berhasil menggerakkan pasar motor sport Honda. Pada September 2013 kemarin, AHM mampu menjual 40.432 unit motor sport, 18.000 unit disumbang oleh Honda CB 150 dan Verza 150 sebanyak 17.800 unit. Angka ini naik 33,73% dari bulan sebelumnya.