17
18389

Oleskan Sabun Colek, Biar Rem Tromol Pakem Lagi

GILAMOTOR.com – Rem kurang pakem..? Bosen sering puter-puter baut paha ayam biar rem tromol ban belakang bisa cieett alias pakem lagi.? Nah, cara unik nan sederhana ini bisa dilakukan biar rem tromol bisa pakem lagi.

Caranya, oleskan sabun colek pada kampas rem tromol.

Hal pertama yang bro en sis perlu siapin adalah sikat kawat,  sabun colek, dan air. Terus siapin juga perkakas buat ngelepas roda dari swing arm.

Kalau roda sudah dilepas dari swing arm, lanjutkan dengan melepas kampas rem dari tromol. Lalu bersihkan dengan sikat kawat, lanjut lagi dengan mencuci kampas rem dengan air bersih. Kalau udah kelar semua, barulah oleskan sabun colek pada kampas rem. Tidak usah menunggu sabun kering, bro en sis bisa langsung pasang kembali kampas rem nya.

Langkah ini bisa diaplikasikan buat rem depan dan belakang loh bro.

Sekarang pasti bro en sis bertanya-tanya. Apa iya sabun colek bisa bikin rem jadi pakem.? Memang nggak ada penjelasan secara ilmiah soal ini, karena dilakukan berdasarkan pengalaman seorang montir yang cukup beken di kalangan komunitas Honda Deolo dan CB, bro Eko.

Pria gondrong ini juga memiliki bengkel di bilangan Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, yang biasanya ramai disambangi oleh komunitas motor-motor tua.

Pengalamannya adalah menggunakan sabun colek pada kampas kopling motor jadul BMW. “Setelah dipakein sabun colek, kinerja kopling jadi mantep lagi,” aku Eko.

Teks: Joppie | Editor: Jayadi | Foto: Joppie

17 COMMENTS