0
779

TVS Scooty, Skutik Hybrid Dari India

GILAMOTOR.com – Pabrikan motor asal India, TVS, memang belum kesohor seperti motor-motor merek Jepang yang ada di pasar Indonesia. Tapi pabrikan ini sebenarnya punya teknologi yang nggak kalah dari motor-motor Jepang.

Di helatan Jakarta Fair kali ini, TVS menunjukkan kemampuan mereka dalam mengembangkan teknologi sepeda motor. Salah satunya dengan memajang motor skutik hybrid berlebel Scooty. Ini memang bukan produk yang benar-benar baru karena keberadaannya sudah lama. Tapi melalui Scooty, TVS coba menjelaskan kalau mereka juga mampu membuat motor dengan teknologi masa depan.

Beberapa waktu lalu, Herry B. Dragono Chief Marketing Officer PT TVS Motor Company Indonesia [TVSMCI], mengatakan  kalau TVS juga punya teknologi yang sudah diaplikasi oleh motor-motor Jepang, seperti teknologi injeksi. Hanya saja, TVS Indonesia belum mengaplikasikannya. “Kami bukan tak punya, tapi hanya belum diaplikasikan di motor yang ada di Indonesia. Teknologi yang dimiliki TVS bukan cuma untuk sekarang ini, tapi teknologi untuk masa depan juga sudah punya,” jelas Herry.

“TVS itu bukan perusahaan abal-abal. TVS punya teknologi injeksi. TVS juga punya teknologi hybrid dan bahkan TVS juga punya teknologi masa depan motor listrik, sebagai jawaban saat bahan bakar fosil sudah sulit didapat,” tegas Dragono.

TVS Scooty Hybrid bermesin bensin 110cc yang dipajang TVS di Jakarta Fair, dilengkapi baterai lithium 500Whr dan 1000Whr untuk menggerakkan motor elektriknya. Dengan mikro kontroler 32 bit dilengkapi software pengendali, motor ini diklaim TVS mampu mengurangi kadar emisi 40% dan lebih irit bahan bakar 30%.

Teks: Joppie | Editor: Jayadi | Foto: Joppie