1
1987

Yamaha Riding Academy : Ajarkan Teknik Menikung

GILAMOTOR.com – Salah satu materi yang diajarkan di Yamaha Riding Academy [YRA] 2014 sesi 2 adalah cara menikung dengan Supersport. Dalam sesi teori, para pembalap didikan YRA diajarkan bagaimana cara memposisikan diri saat masuk dan keluar tikungan.

“Intinya bagaimana cara melewati tikungan dengan cepat tanpa jatuh,” kata instruktur YRA asal Jepang, Yoshiyaki Kato, di Sentul.

Dikatakan Kato, banyak yang berpikir kalau motor semakin miring maka akan semakin cepat melewati tikungan. Hal itu tak salah, lanjut Kato, tapi itu hanya salah satu cara bagaimana melewati tikungan dengan cepat,” terang Kato.

“Kemiringan motor memang bisa memengaruhi kecepatan melewati tikungan, tapi itu hanya salah satu cara. Namun saat balapan sudah berjalan lebih dari 10 putaran, tentu kompon dan grip ban tak sama dengan awal balapan dan itu berpotensi membuat pembalap terjatuh saat melewati tikungan terlalu miring.”

“Saya tak bisa menentukan berapa sudut kemiringan yang tepat, karena itu tergantung dari gaya berkendara pembalap itu sendiri. Tapi kuncinya adalah menempatkan titik berat tubuh agar motor dapat melaju dengan sempurna di tikungan. Dan itulah yang dipelajari para pembalap binaan YRA ini,” tegas Kato.

Kato juga menjelaskan, pembalap harus mengetahui pengaruh lain dari sudut kemiringan saat masuk tikungan. “Kalau tikungannya panjang dan tidak sambung menyambung, itu tak masalah. Tapi saat tikungan pendek dan sambung menyambung, perpindahan posisi dari motor miring ke tegak dan miring ke arah lainnya membutuhkan waktu. Kalau terlalu miring, pembalap malah bisa kehilangan waktu saat mengganti posisi tubuh,” tutup Kato.

Teks: Jayadi | Foto: Jayadi

1 COMMENT