0
1322

Ini Kebiasaan Stoner Yang Ditiru Marquez

GILAMOTOR.com – Nggak ada habisnya kalo bahas Marc Marquez. Rider MotoGP ini pasti punya banyak cerita dan hal-hal unik yang kadang gak lazim dilakukan. Salah satunya kebiasaan melibas kerb.

“Kini banyak pembalap yang mulai melakukannya, terutama untuk memotong sebuah tikungan. Aku lebih suka menggunakan kerb. Mungkin Casey [Stoner] yang memulainya,” ucap Marquez, yang baru-baru ini harus mengakui kehebatan Pedrosa di Brno.

Marquez mulai terbiasa melibas kerb sejak dia balapan di Moto2. Keyakinannya melibas kerb punya kontur tak rata itu lantaran ban yang digunakan di Moto2 dan MotoGP punya ukuran besar. “Kalau di Moto3/125 sangat tidak mungkin, karena ban yang dipakai terlalu kecil dan beberapa kerb sulit untuk dilintasi dengan kecepatan sedang. Di Moto2 aku melakukannya di beberapa tikungan, dan jujur aku melakukannya karena aku melihat Casey.”

“Kini di MotoGP jauh lebih mudah, tapi semua tergantung sirkuit dan jenis kerb.”

“Agak aneh sih, karena aku merasa mendapatkan grip lebih baik dibanding aspal sirkuit. Tapi biasanya cukup sulit untuk beberapa tikungan. Kadang dengan scooter di hari Kamis [sebelum latihan bebas] aku merasa bisa melibasnya.”

“Sepertinya aku bisa melibas kerb ini, namun ketika menggunakan motor balap bisa sangat tidak mungkIn dan harus menggunakan jalur normal.”

Teks: Yudi | Foto: MotoGP | Sumber: Crash.net