50
4227

Tambah Pencahayaan, Pasang LED

GILAMOTOR.com– Setiap pabrikan sepeda motor pasti sudah melengkapi kendaraan yang mereka buat dengan lampu utama (Head Light). Lampu utama berfungsi memberikan penerangan yang cukup untuk membantu penglihatan mata ketika berkendara dalam kondisi kurang cahaya.

Namun demikian, lampu bawaan kadang masih dirasa kurang cukup untuk menerangi jalan.

Sebenarnya bisa saja mengganti bohlam bawaan dengan watt yang lebih besar atau mengganti dengan produk HID. Tapi penggunaan watt yang lebih besar atau menggunakan HID yang tidak tepat malah akan menimbulkan masalah lain bagi reflektor. Watt lebih besar pastinya akan menimbulkan panas berlebih yang berpotensi membuat reflector meleleh.

Penggunaan HID pun demikian, jika kualitas HID rendah akan membuat refkeltor menjadi buram.

Terus gimana solusinya, sob?

Salah satu alternatif adalah memasang lampu tambahan pada kendaraan. Kini banyak beredar lampu tambahan yang biasa digunakan oleh teman-teman yang hobby touring. Salah satunya adalah produk keluaran Shilanled. Lampu tambahan ini menggunakan LED dengan chip Cree berdaya 10 watt. lampu ini menurut klaim pabrikan mampu menghasilkan pencahayaan sebesar 1000 lumens dan sanggup bertahan hingga 10.000 jam.

Lampu dengan casing aluminum alloy ini juga telah lulus sertifikat IP68 sehingga tahan air. Dipasaran lampu jenis ini dijual dengan harga yang bervariasi mulai Rp. 225-250rb.

Posisi pemasangannya tergantung selera yang penting tidak bikin merusak pemandangan. Yang perlu diperhatikan adalah arah pendaran cahayanya jangan sampe bikin orang lain siliau.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

50 COMMENTS