4
1614

Geber R15 Di Trek Isle of Man Versi Indonesia, Tembus 144 KPJ

GILAMOTOR.com – Menjelajah Negeri Laskar Pelangi jadi pengalaman baru yang nggak akan terlupakan. Suasana asri dan jauh dari hingar-bingar kendaraan bermotor, bikin lupa pada hiruk-pikuk macetnya kota besar.

Belitung, jadi kota tujuan Touring Yamaha R15 dan R25 pada akhir Agustus kemarin. Nama Belitung makin tenar setelah film Laskar Pelangi menayangkan surga-surga tersembunyi di kepulauan itu. Ya, Belitung jadi surga dengan keindahan lautnya dan jadi surga bagi para biker.

Jalan raya di sana berbalut aspal yang mulus dan nyaris tampa lubang. Dengan motor 150cc, sampean bisa menggeber sampai limitnya.

Di hari pertama touring di Belitung, Gilamotor.com pakai Yamaha R15. Saat perjalanan dimulai dari dealer Yamaha Sumber Jadi, peserta touring langsung dihadapkan oleh jalan raya yang sepi dan mulus. Nggak kalah dengan jalan raya di luar negeri, suasananya mirip di Thailand.

Di touring itu, Yamaha menyiapkan R25 dan R15. Berhubung Gilamotor.com pakai R15, mau nggak mau motor sport yang mirip dengan R6 itu disiksa untuk mengikuti gesit dan kencangnya R25.

Meski hanya bisa membuntuti R25, tapi mesin R15 tetap bisa diandalkan. Diuntungkan dengan kontur jalan yang kadang bergelombang dan tikungan yang bervariasi, membuat throttle R25 tak bisa terus-terusan dibuka. Jelang tikungan, jadi kesempatan R15 untuk memperpendek jarak dengan rombongan penunggang R25.

Digeber di rpm tinggi saat trek lurus tak berujung, R15 tembus 140 kpj. Bahkan salah satu rekan jurnalis bisa tembus 144 kpj. Tapi bukan itu kenikmatannya, tapi kondisi jalan mulus yang tak terlalu lebar ditambah dengan gelombang-gelombang di beberapa ruas jalan, benar-benar membuat kita seperti sedang ikut balap Isle of Man TT. Nggak jarang kedua ban R15 tak menyentuh aspal saat melibas jalan bergelombang.

YZF-R15 Belitung 2

Setelah menempuh perjalanan sekitar 70 km, rombongan berhenti sejenak di pinggir pantai yang menjadi ikon film Laskar Pelangi, Pantain Tanjung Tinggi.

Usai menikmati eksotisnya Pantai Tanjung Tinggi, rombongan kembali melanjutkan perjalan menuju titik pemberhentian terakhir di hari pertama untuk beristirahat di Hotel Aston Belitung, Tanjung Pandan.

YZF-R15 Belitung 1

Perjalanan di hari kedua, Gilamotor.com dapat kesempatan menggeber Yamaha R25. Bagaimana rasanya menggeber R25 di jalanan yang mirip Isle of Man itu..? Dan seperti apa eksotisnya alam Belitung serta nikmatnya aneka kuliner Belitung? Tunggu ulasannya di website baru Gilamotor.com.

Teks: Jayadi | Foto: Istimewa

4 COMMENTS