3
30701

Lampu Rem Kadang Hidup Kadang Mati, Bersihkan Switchnya

GILAMOTOR.com – Pernah ngalamin lampu rem nyala terus padahal tuas rem lagi nggak diinjak atau ditarik? Atau udah injak atau tarik tuas rem tapi lampu rem nggak mau nyala?

Kalau bro en sis mengalami masalah seperti itu, langkah awal yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi lampu, apakah kumparan lampunya putus atau tidak. Kalau ternyata lampu masih bagus tapi tak berfungsi sempurna, ada satu komponen yang harus dicurigai yaitu switchnya, baik switch rem kaki atau tangan.

Biasanya, seiring usia pakai dan sering terkena hujan, komponen di dalam switch jadi berkarat. Karat itulah yang membuat aliran listrik jadi terganggu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka cover tabung switchnya untuk melihat komponen plat tembaga atau kuningan yang jadi penghubung aliran listrik dari accu ke lampu.

Switch Rem Kaki 2

Langkah kedua, perhatikan plat tembaga atau kuningannya. Jika ada karat, segera dibersihkan dengan cara diamplas.

Switch Rem Kaki 3

Langkah ketiga, lepas per pengait untuk melihat kondisi komponen berupa batang yang dilapis kuningan. Biasanya, komponen yang terbuat dari plat akan mengalami korosi dan berkarat.

Switch Rem Kaki 4

Langkah berikutnya, bersihkan dengan amplas bagian plat yang berkarat. Setelah semua bersih, tinggal pasang kembali switchnya seperti semula.

Switch Rem Kaki 5

Setelah itu dijamin, lampu rem akan kembali bekerja sempurna.

 

Teks: Jayadi | Foto: Jayadi

3 COMMENTS