0
2932

Touring Ke Belitung, Jangan Lewatkan Nikmatnya Duren Montong Rasa Belitong

GILAMOTOR.com – Daging durennya gede tapi bijinya kecil. Itulah khas duren Montong. Nggak perlu makan satu buah, cukup sedaging saja dijamin perut sudah terasah begah.

Di Belitung Timur, tepatnya di perkebunan duren milik Asan Kampit, ada duren Montong yang rasanya lebih dahsyat dari duren Montong yang ada di Tahiland. Dikatakan sang pemilik perkebunan, duren hasil kebunnya disebut dijuluki Duren Montong Rasa Belitong.

Duren Montong Rasa Belitong 1

“Kata Pak Ahok [Wakil Gubernur DKI] pernah singgah dan makan duren ini, rasa duren Montong Thailand mah lewat. Makanya Pak Ahok menamakan duren ini Montong Rasa Belitong,” kata Asan.

Duren yang ada diperkebunan seluas 20 hektar ini dikembangkan Hasan sejak 10 tahun lalu. Bibitnya sendiri didapat dari Trubus. Selain bibitnya yang terjamin, keasaman tanah dan perawatannya dilakukan dengan baik.

“Dulunya ada 1000 pohon, tapi kini tinggal 720 pohon saja. Duren ini sempat saya kirim ke Jakarta. Kalau sekarang untuk Belitung saja nggak cukup. Banyak wisatawan datang ke sini dan makan di sini,” tambah Asan.

Kalau mau datang dan mencoba nikmatnya duren Montong Rasa Belitong, baiknya pada bulan Desember, Januari, April, Mei, Juni, Juli dan Agustus karena pada bulan-bulan itu durennya sedang berbuah dan siap disantap.

Duren itu dijual seharga Rp 40 ribu per kg. Berat perbuahnya bisa mencapai 3-5 kg. Kalau ragu akan ketersediaan durennya, bisa hubungi nomer 08197860378.

Semalat mencoba si Montong Rasa Belitong

Teks: Jayadi | Foto: Jayadi