Foto : Yamaha
0
1608

Mekanik Yamaha Indonesia Juara Tiga di Kompetisi Teknisi Dunia

GILAMOTOR.com – Yamaha Indonesia kembali melanjutkan tradisi kemenangannya saat mengikuti ajang World Tehnician Grand Prix (WTGP) 2014. Di perhelatan ke 6 yang berlangsung di Jepang beberapa waktu lalu, Asep Sumpena S berhasil meraih juara ketiga.

Tahun ini, Yamaha Indonesia mengutus dua teknisi andalan Asep Sumpena (JG Motor Bandung) dan Irvan Kurniady (Alfa Scorpii Medan) untuk berkompetisi dengan 20 konstestan dari 18 negara. Keduanya akan turun di kelas Commuter Class Model dan bersaing dengan peserta dari kawasan Asia.

Materi pengujian yang akan diberikan meliputi test teori, basic maintenance skill accuracy and speed, trouble shooting dan customer relation skill. Semua peserta yang merupakan juara dari negara masing-masing ini juga dihadapkan dengan persoalan bagaimana melayani pelangggan dan ketahanan mental dimana hal tersebut berperan dalam menentukan hasil akhir.

Salah satu wakil dari Yamaha Indonesia, Asep Sumpena S mampu mengatasi ujian tersebut dan berhak mendapatkan titel juara ketiga di WTGP 2014 kali ini. Dengan begitu, Indonesia bersanding dengan peserta dari India dan Filipina di podium juara.

Hasil Commuter Class Model :
1. Meenakshi Sundaram (India)
2. Calvin Kenneth D Tan (Fillipina)
3. Asep Sumpena Suryaningrat (Indonesia)

”Tahun ini teknisi Indonesia mendapat peringkat ke-3 dengan kelebihan dalam trouble shooting dan pelayanan pelanggan.  Saya berharap pada kesempatan WTGP yang akan datang bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik,” ucap M.Abidin, GM Service & Motorsport Division Yamaha Indonesia.

Keberhasilan yang mereka raih adalah hasil dari program pelatihan teknisi yang  terstruktur rapih dan berjenjang melalui Yamaha Technical Academy (YTA).

Untuk bisa ikut Yamaha WTGP, mereka harus melewati kontes yang berjenjang. Di Indonesia dimulai dari kontes teknisi regional yang diikuti lebih dari 12.000 teknisi. Lalu terpilih 24 teknisi terbaik yang berhak mengikuti kontes tingkat nasional ITGP (Indonesia Technician Grand Prix). Juara nasional ITGP inilah yang dikirimkan ke WTGP. Asep Sumpena adalah juara ITGP 2014 dan Irvan Kurniady juara ITGP 2012.

Teks : Ary