Photo : Gilamotor.com/Ary
0
922

Setelah SNI, Pirelli Siap Produksi Ban di Indonesia

GILAMOTOR.com – Penetrasi Pirelli di Indonesia tidak sekedar memperkuat jaringan distribusinya saja. Brand karet bundar asal Italia ini bahkan sudah mencanangkan penggarapan produknya melalui fasilitas produksi di Indonesia.

Hadirnya PT Roda Putar Maju Selaras (RPMS) adalah untuk memudahkan bikers di Indonesia untuk memiliki ban Pirelli. Mereka pun sudah siap dengan jaringan pemasarannya dimana sudah ada 30 dealer untuk kawasan jabotabek dan setelah itu akan ada di Bandung, Semarang, Surabaya serta Bali.

Namun, yang terpenting adalah seluruh produk Pirelli sudah berstatus SNI. “Semua ban yang kita ekspor dari Jerman, China dan Brazil sudah SNI. Bisa dilihat dari produknya sendiri,” buka Bartolomeo Dhimas, Direktur Utama PT RPMS.

Nggak cukup dengan label SNI, Pirelli juga ternyata punya rencana lebih dalam melihat perkembangan industri roda dua di Tanah Air.”Kami sedang membangun pabrik di Indonesia. Rencananya akan beroperasi bulan Mei tahun depan,” kata Tierri Corte, Direktur Pirelli Tyre Company Limited kepada Gilamotor.com, kemarin (9/10).

Ia juga mengatakan pabrik Pirelli di Indonesia ini merupakan joint venture dengan PT Astra Otoparts Tbk dengan kepemilikan saham 60 persen (Pirelli) dan 40 persen (Astra). “Pabrik ini akan memproduksi ban untuk pasar domestik dan juga ekspor ke Asia dan Eropa,” jelas Tierri.

Meski bersandingan, Tierri menjelaskan kalau proses produksi kemungkinan akan sama karena satu mesin. “Tapi, teknologi dan pattern ban sampai material pasti berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” lanjutnya.

Nantinya, untuk tahap awal Pirelli diprediksi bakal memproduksi 1,4 juta ban di tahun pertama. “Per tahunnya bisa produksi 7 juta ban setiap tahun,” tutup Tierri.