Photo : Gilamotor.com/Ary
0
939

2015, Semua Skutik Honda Sudah Berteknologi eSP

GILAMOTOR.com – Pengembangan terbaru teknologi Honda yang disebut enchaned smart power (eSP) tidak hanya akan diaplikasikan pada unit Vario 125 dan New PCX 150 saja. PT Astra Honda Motor (AHM) berencana memakai mesin berteknologi eSP pada semua varian skutiknya.

Menurut Wedijanto Widarso, GM Technical Service Division PT AHM saat ini memang baru ada di dua varian skutik tersebut. “Tapi 2015 nanti semua skutik Honda sudah harus eSP semua,” katanya di booth Honda, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2014, JCC Senayan, Jakarta.

Lebih lanjut, Sarwono Edhi, Technical Training Development PT AHM mengatakan ini adalah saat yang tepat untuk menunjukkan teknologi yang sebenarnya sudah ada sejak 2011 silam itu. Secara singkat, Edhi menyimpulkan eSP merupakan jawaban bagaimana bertenaga dan iritnya skutik Honda.

Menurutnya, eSP adalah serangkaian pengembangan yang dianut dari beberapa teknologi terkini Honda. Dan, hasilnya bisa dilihat pada sebuah mesin yang juga dipamerkan AHM di IMOS 2014.

Sampai saat ini, AHM masih memegang market share penjualan skutik di Tanah Air. Pada periode Januari-September 2014, AHM telah menjual sebanyak 2.833.394 unit atau mendominasi pasar skutik Indonesia dengan persentase 70,9 persen.

Sementara Honda BeAT FI masih menjadi pemimpin, disusul Vario Series dan Scoopy FI. Jika BeAT dan varian lainnya masih teratas, bukan tidak mungkin dengan penambahan eSP di semua model itu akan terus mendongkrak pasar skutik Honda.