Photo : Honda
0
2017

Aoyama Besut Motor Anyar Honda RC213V-RS di MotoGP Valencia

GILAMOTOR.com – Di laga akhir MotoGP akhir pekan ini, tim Drive M7 Aspar akan menggunakan motor baru. Salah satu pebalapnya, Hiroshi Aoyama akan membesut motor Honda RC213V-RS sebagai debut awal motor anyar mereka tahun depan.

Motor ini digadang menjadi pengganti RC1000R yang saat ini ditunggangi oleh beberapa rider, termasuk Nicky Hayden. Sesuai dengan inisialnya, RC213V-RS juga diyakini memiliki spesifikasi layaknya RC213V besutan tim pabrikan Honda yang telah dibekali pneumatic valve.

Sementara minusnya hanya terletak pada seamless gearbox saja. Untuk ketentuan lainnya, RC213V-RS akan tetap berstatus sebagai motor open class yang hanya menggunakan ECU standart, penambahan jumlah BBM, ban extra soft dan jatah pengembangan mesin yang lebih banyak ketimbang tim pabrikan.

Namun, hanya Aoyama-lah yang akan menguji performa motor baru tersebut di lintasan Valencia, Spanyol. Setelah ini, pebalap asal Jepang itu juga akan ditunjuk sebagai test rider RC213V-RS untuk pengembangan menghadapi musim balap 2015.

“Kami sangat senang mengkonfirmasi Aoyama sebagai tes rider untuk tahun depan,” kata Shuhei Nakamoto, Executive Vice President HRC. Menurutnya, kinerja Aoyama tahun ini sangat bagus. “Terutama di seri terakhir nanti,” tambah Nakamoto.

Setelah menuntaskan MotOGP valencia, tim Aspar akan langsung melakukan sesi tes RC213V-RS di sirkuit yang sama. Namun, Aoyama sepertinya bukan menjadi satu-satunya rider yang dititah HRC. Nicky Hayden dan Karel Abraham juga tampaknya akan masuk dalam list test rider.

“Ini adalah proyek penting untuk HRC dan kami percaya dia (Aoyama) akan memberikan masukan untuik pengembangan mesin HRC di masa datang,” tutup Nakamoto.