Photo : Istimewa/Ary
13
5715

First Ride Can-Am Spyder, Riding it Feels Driving!

GILAMOTOR.com – Penyebaran motor roda tiga bernama Can-Am Spyder ini terbilang eksklusif. Harganya yang mencapai setengah milyar ke atas membuatnya masuk kategori motor premium. Beruntung Gilamotor.com bisa merasakan sensasi mengendarai motor impor asal Kanada ini.

PT Berani Rekreasi Perkasa (BRP) selaku pemegang merek Can-Am di Indonesia menyediakan dua unit motor yaitu Can-Am Spyder Roadster Sport Special (RS-S) dan Can-Am Spyder Roadster Touring (RT). “Kalau biasa nyetir mobil, pasti bisa bawa ini (Can-Am Spyder),” bilang Dimas A Sudiro, Direktur Utama PT BRP.
Ca-Am-Spyder-Test-Ride-3Nggak pikir panjang, Gilamotor.com langsung mengarahkan pilihan pertama ke Can-Am Spyder RS-S. Tampang sporty dengan kelir two tone (kuning-hitam) serta desain bodi yang agresif, mengundang adrenalin untuk segera menungganginya.

Sabar, butuh perlakukan khusus agar bisa membawa motor ini berjalan. Saat kontak diputar ke posisi ON, kita harus menunggu beberapa saat sambil membaca informasi yang tertera di layar digital.

Abis itu, jangan buru-buru ngegas karena ada rem parkir yang harus di non-aktifkan. Wih, kaya fitur di mobil-mobil Eropa bro and sis! Posisinya ada di belakang foot step kiri. Tinggal tekan saja.

Nah, di bagian kaki sebelah kanan juga ada perangkat rem ABS yang sudah di program mendistribusikan sistem pengereman di ketiga roda. Jadi, jangan berharap ada tuas rem di area setang. Di sini, tangan kanan cuma berfungsi memuntir grip gas. Sementara penggantian gigi transmisi ada di setang kiri. Bentuknya pun seperti paddle shift yang ada di sekitaran setir mobil-mobil terkini.
Ca-Am-Spyder-Test-Ride-4Tepat seperti dugaan awal, varian Spyder RS-S ini memang diperuntukan bagi mereka yang suka tantangan. Riding position juga dibuat lebih nunduk. Sensasi lebihnya terasa ketika Gilamotor.com mencoba bermanuver dengan menikung dalam kecepatan 40 km/jam bersama Can-Am Spyder RS-S berbanderol Rp 625 juta ini. Asli, seperti mengendarai mobil sport bro!

Cara mengendarainya memang sangat berbeda. Saat mengarahkan setang ke kanan atau kiri, tubuh pengendara juga harus mengikuti arah tersebut. Tenang, pengendara nggak perlu tenaga lebih untuk mengajaknya meliuk karena motor ini telah disemati fitur Dynamic Power Steering (DPS) membuat setang tidak terasa berat.

Begitu juga perlakuannya dengan model Can-Am Spyder RT. Berbeda dengan sport, varian ini sangat siap diajak melakoni perjalanan jauh. Riding position lebih nyaman disertai penyangga pinggang (pengemudi) dan punggung untuk penumpang belakang.
Ca-Am-Spyder-Test-Ride-2Untuk menghalau terpaan angin dari depan, Can-Am Spyder RT juga menyediakan windscreen lebar yang bisa di atur ketinggiannya. Beda dengan Spyder RS-S, varian ini justru menyediakan fitur rem parkir berupa tombol di sekitaran setang. Jelas lebih mewah karena Can-Am Spyder RT dipasarkan dengan harga Rp 900 juta.

Performa keduanya juga nggak perlu diragukan lagi. Bekal mesin V-Twin Rotax 998cc memang menjadi andalan Can-Am Spyder RS-S dan RT. Berbeda dengan mobil, saat memuntir gas secara spontan, tenaganya langsung terasa. itu wajar karena mesin ini diklaim punya power hingga 100 hp.

Sewaktu mengajaknya ‘bermain’, teknologi Stability Control system (SCS) juga bekerja maksimal sebagai penyeimbang motor. Bikers pun nggak perlu khawatir motor bakal terbalik. Ditambah lagi perangkat rem ABS yang turut disandingkan dengan Electric Brake Distribution (EBD). “Ini adalah motor paling aman,” begitulah kata Dimas setelah Gilamotor.com menyelesaikan sesi first ride.

13 COMMENTS