Photo: Gilamotor.com/Ary
0
1121

Nih, Syarat Wajib Peserta Sebelum Terjun di Ajang Yamaha Cup Race

GILAMOTOR.com – Selain kuda besi, para pebalap khususnya yang berlaga di Yamaha Cup Race (YCR) juga diwajibkan mengikuti berbagai persiapan sebelum balap.

Di antaranya adalah medical check up dan scrutineering helm. “Sebagai standar kami mengecek tensi darah pebalap,” kata Dr. Steven Setiawan yang bertugas di final YCR di Sirkuit Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (9/11).

Menurutnya, tensi yang normal itu ada rentang 120/80 sampai 140/80. “Kalau sudah mencapai 150/90 atau 150/100 itu harus diwaspadai,” tambahnya. Kalau sudah begitu, pebalap sangat tidak dianjurkan untuk ikut balap.

Selain cek tensi darah, Steven dan rekannya selalu menanyakan apakah pebalap itu tidur cukup atau nggak. Dan, salah satu anjuran untuk para rider adalah mereka harus byk mnum air putih atau cairan yang mengandung elektrolit.

“Cuaca di sirkuit panas, apalagi mereka juga pakai wearpack yang pasti bikin lebih cepat berkeringat. Ini bisa embuat mereka dehidrasi,” tambah salah satu staff-nya.

Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan ini sesuai dengan visi Yamaha Indonesia yang mengedepankan safety, kualitas dan disiplin.

Gelaran final YCR 2014 kali ini akan melombakan kelas unggulan yaitu  YCR 1 – YCR 6 dan dua kelas tambahan yaitu YCR 7 (Mio GT Standar Tune Up Racing School) dan YCR 8 eksebisi (Jupiter Z1 Tune Up 130 cc Open).