Photo: Gilamotor.com/Gojay
0
2579

Pilih-Pilih Sepatu Touring, Lindungi Kaki Dari Cidera

GILAMOTOR.com – Berkendara jarak jauh alias touring membutuhkan persiapan khusus. Salah satunya adalah sepatu khusus riding atau dikenal juga dengan sebutan sepatu touring. Sepatu jenis ini jadi salah satu apparel wajib yang harus digunakan rider saat melakukan touring.

Perbedaannya dengan sepatu biasa tentu pada materialnya. “Bahan sepatu touring biasanya didominasi kulit dan pada bagian-bagian tertentu dibuat lebih keras,” kata Adet Vriono, juragan apparel 7 Gear. Bagian yang dimaksud ada di tumit, mata kaki dan ujung sepatu.

Sepatu touring sendiri ada 2 tipe, yakni tipe panjang dan tipe pendek. Perbedaannya pada ketinggian sepatu. “Tipe panjang mampu melindungi hingga bagian tulang kering karena dilengkapi dengan bone shin protector, sehingga protector cukup pakai dilutut saja. Sedangkan yang tipe pendek ketinggiannya hanya sampai menutupi mata kaki, jadi harus pakai protector yang menutupi hingga tulang kering,” urai pria 30 tahun tersebut.

Menurut Adet, kalau untuk riding jarak jauh disarankan memakai sepatu yang tipe panjang. “Karena dia lebih mampu melindungi kaki dengan baik,” katanya. Sementara tipe pendek menurutnya rekomen hanya untuk penggunaan harian saja, bro en sis.

Lalu fitur apa saja yang baiknya dimiliki sepatu touring ya? Tentunya yang sudah dilengkapi dengan pelindung mata kaki, ankle protector. Usahakan sepatu dilengkapi dengan scothlite, gear shift protector dan dilengkapi dengan slider supaya saaat terjatuh sepatu tidak ngegrip dengan aspal.

Lalu bagaimana cara memilih sepatu touring yang benar? Gilmoters enggak perlu bingung. Pertama pilih sepatu sesuai ukuran kaki, lebih baik pilih ukuran yang sedikit lebih besar. Kedua usahakan sepatu mampu mencengkram punggung kaki. Ketiga memiliki fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas tadi ya.

Yuk, pilih sepatu touring yang benar. Nggak harus 7 Gear lohh.. Merek lain yang lebih murah atau lebih mahal juga banyak.