Photo : Continental
0
1353

ARAI Rencanakan Regulasi Wajib Rem ABS di India

GILAMOTOR.com – Nggak usah kaget dengan judul di atas bro en sis. Sebab, Arai di sini bukanlah produsen helm asal Jepang yang niat bikin teknologi ABS macam Bosch atau Continental. Tapi lembaga berjuluk Automotive Research Association of India (ARAI) yang merencanakan rem ABS sebagai piranti wajib motor di India.

ARAI sendiri merupakan bagian dari Kementerian Industri India. Dalam rencananya, motor yang bermesin 125cc ke atas nantinya diwajibkan mengusung sistem ABS. Mirip regulasi di Eropa.

Regulasi ini dikeluarkan terkait data kecelakaan di India yang menunjukan jika motor dengan rem ABS mampu menekan selisih jumlah kecelakaan hingga 37 persen dari motor non-ABS.

Rencana ini bukan tanpa kendala. Sebab di pasar India, motor yang memiliki rem ABS dengan kategori terjangkau hanyalah TVS Apache. Namun pabrikan lain baru menyertakan ABS sebagai fitur opsional.

Selain itu, hingga saat ini, belum ada detail mengenai regulasi tersebut akan berjalan di India. Sedang di Eropa sendiri, regulasi ini mulai berlaku 2016.