Photo : Nickyhayden
0
1106

Hayden Berharap RC213V-RS Nggak ‘Lelet’ seperti RCV1000R

GILAMOTOR.com – Keinginan Nicky Hayden untuk lebih kompetitif didukung oleh tim Drive M7 Aspar dengan sokongan kuda besi anyar. Honda RCV1000R yang dipakai musim 2014 pun akan digantikan dengan RCV213V-RS.

Hayden pun berharap bisa tampil ‘greget’ dengan tunggangan barunya. Musim lalu, pemegang nomor 69 ini nggak bisa berbuat banyak lantaran spek motornya kalah jauh dengan tim lain.

Bahkan, RCV1000R miliknya bisa ketinggalan lebih jauh saat balapan di trek berkarakter cepat seperti Qatar, Mugello atau Catalunya. Nggak tanggung, RCV1000R bisa ketinggalan sekitar 20 km/jam dari motor tim pabrikan.

Hal tersebut diakui Hayden. “dari luar semuanya memang kelihatan sama. Tapi, kami kalah power dari motor prototipe. Kita juga kalah cepat,” katanya saat datang ke Indonesia, Oktober 2014 lalu.

Atas alasan tersebut pula pihak Honda memutuskan memasok RCV213V-RS yang diklaim punya performa mirip RCV213 milik Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Penilaian Hayden juga sangat positif saat menjajal RCV213-RS pertama di Valencia, bulan kemarin. Menurutnya, power bertambah dan ini bisa sangat membantu untuk mengurangi gap dengan pebalap terdepan.

Meski berada di tim Open Class, tim Drive M7 Aspar sangat diuntungkan karena mesin RCV213V-RS juga sudah disemati fitur pneumatic valve. Dengan begitu, keuntungan penambahan bahan bakar dan pilihan ban extra soft akan lebih berpengaruh untuk motornya.

Tes lanjutan akan berlangsung di Sepang, Malaysia tahun depan.”masih harus ada pengembangan di sektor elektrik. Tapi, aku yakin kami ada di jalur yang benar. Aku yakin kami akan lebih kompetitif di 2015 dibanding tahun lalu,” tutup Hayden.