Photo : Continental
0
1360

Ikuti Bosch, Continental juga Kembangkan Sistem Cornering ABS

GILAMOTOR.com – Perang teknologi cornering ABS motor sekarang ini nggak sekadar dikuasai pabrikan. Produsen pendukung otomotif juga sudah mulai mengaplikasikan sistem itu pada produknya. Nah, Continental juga akan mulai mengembangkannya di produk ban mereka.

Sebelumnya, produsen komponen otomotif Jerman, Bosch menyajikan sistem ABS berjuluk Motorcycle Stability Control (MSC). Dan kini giliran Continental yang mulai merangsek pasar teknologi ABS.

Continental yang juga dari Jerman ikut mengembangkan teknologi ABS bernama Optimized Curve Braking (OCB). Sistem ini sendiri sudah mulai masuk ke pasar sepeda motor melalui BMW S1000XR.

OCB bekerja dengan membaca data sudut kemiringan, kecepatan dan akselerasi dari sensor di motor. Data tersebut akan memodulasi rem untuk memperlambat motor dengan kecepatan yang ideal saat rem diinjak. Sehingga tidak menyebabkan slip pada roda.

Rencananya, selain tipe S1000XR, BMW juga akan mengusung OCB di beberapa model masa depan mereka. Hal ini untuk menyaingi MSC yang sudah diusung KTM 1290 Super Adventure.

Perang teknologi ABS motor pada perusahaan komponen otomotif dipastikan makin sengit. Sebab regulasi lalu lintas Eropa  mewajibkan aplikasi ABS pada motor model lama bermesin 125cc ke atas pada 2016 diikuti seluruh model baru yang wajib ABS pada 2017 membuat banyak pabrikan komponen tertarik turun di ‘perang’ baru tersebut.