Photo : gilamotor.com/Ary
0
2158

Rahasia ‘Racikan’ Teknologi SOBC Komstir SKF

GILAMOTOR.com – Produk terbaru SKF Indonesia yaitu komstir Enduro mengaplikasi teknologi terkini yang dinamakan Solid Oil Ball Cage (SOBC). Gimana wujudnya?

“Inspirasi SOBC awalnya ada di bearing. Lalu, SKF Indonesia meminta kepada pusat untuk coba diaplikasikannya di komstir,” buka Hautoro Beliauwan, Head of After Market & Sales PT SKF Indonesia bercerita.

Hautoro memaparkan komstir bernama Enduro ini telah mereka kembangkan dalam waktu yang cukup lama. “Pengembangannya 1 tahun,” ucapnya.

Kalau bro en sis perhatikan, di bagian atas komstir Enduro ini terdapat sebuah lapisan berwarna biru membungkus 52 bola di komstir. SOBC yang berbentuk padat inilah yang diklaim kunci keunggulan komstir SKF Enduro.

“Walau kelihatannya padat, SOBC ini juga berfungsi melumasi. Jadi, komstir ini nggak perlu lagi diolesi gemuk sewaktu dipasang,” kata Hautoro Beliauwan, Head of After Market & Sales PT SKF Indonesia.

Hautoro juga menyatakan komstir Enduro punya ketahanan lebih baik dibanding produk lainnya. “Mereka (komstir merek lain) nggak ada SOBC. SKF lah yang pertama menggunakannya di komstir,” lanjutnya.

Dengan teknologi SOBC, komstir Enduro lebih tahan karena gesekannya lebih minim. Terpenting adalah debu yang menempel di komstir lebih minim ketimbang komstir yang menggunakan gemuk biasa yang cenderung lebih basah.

“Komstir SKF jumlah bolanya pas dan sesuai dengan standar OEM. Nggak seperti komstir lain, pasti jumlah bolanya di bawah kami, ” ujarnya.

Hautoro menambahkan, pemasangannya juga lebih mudah karena nggak perlu khawatir bolanya jatuh. “Pemasangannya jadi lebih singkat,” lanjut Hautoro.

Saat ini komstir SKF Enduro tersedia untuk sepeda motor jenis skutik dan bebek merek Honda dan Yamaha. Harganya adalah Rp 60-70 ribu (Honda) serta Rp 80-100 ribu untuk motor Yamaha.