Michelin Indonesia merilis ukuran baru ban Pilot Street Radial. Ini Beda Radial dan Bias
Michelin Indonesia merilis ukuran baru ban Pilot Street Radial. Ini Beda Radial dan Bias
3
4602

Ban Radial Dan Bias, Apasih Bedanya.?

GILAMOTOR.com – Mungkin bro en sis sudah sering dengar atau bahkan baca beragam artikel soal ban Radial dan Bias. Sebenarnya seprti apa sih ban Bias dan Radial itu? Apa bedanya?

Country of Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng menjelaskan, perbedaan utama antara ban radial dan bias terletak pada kontruksinya.

“Pada ban radial kontruksinya menggunakan lapisan serat baja, sementara ban bias memakai serat nilon. Namun perbedaan kontruksi tersebut memiliki dampak yang sangat signifikan.”

Struk ban bias, dijelaskan Bayu, kerangkanya terdiri dari beberapa lapisan kawat yang disusun secara menyilang dengan sudut diagonal terhadap garis tengah lingkaran dan. Struktur antara permukaan puncak terluar dan sisi ban memiliki sifat mekanis yang seragam.

Sementara struktur ban radial, lapisan kawatnya tersebar di seputar poros ban. Ditambah lagi, permukaan puncak terluar tersusun dari beberapa lapuisan yang membentuk struktur ban, hal ini menjadikan permukaan puncak terluar sisi ban memiliki sifat yang berbeda.

“Perbedaan mendasar lain pada keduanya adalah, saat ban radial beradu dengan jalan, dinding ban yang fleksibel mampu mencengkaram dengan erat. Tapak ban yang lebar juga membuat daya cengkram semakin kuat pada sudut yang lebih kecil, terutama pada saat berbelok,” terang Bayu.

“Tekanan pada area kontak permukaan ban radial dengan jalan terdistribusi dengan baik, hal ini akan menghasilkan gesekan yang lebih merata pada permukaan,” tambahnya.

Lebih jauh Bayu memaparkan, perbedaan lain adalah saat ban digunakan atau saat motor dijalankan. Saat ban mendapatkan beban, pada ban Radial, tapakan ban yang menyentuh aspal akan melebar sehingga akan mendapat grip lebih banyak. Dan suhu panas di dalam ban tersebar merata ke seluruh bagian ban.

Sementara untuk ban Bias, tapakan ban yang menyentuh permukaan aspal akan memanjang. Dan suhu panas yang ada di dalam ban hanya terpusat di tengah.

3 COMMENTS