Photo : Gilamotor.com/Ary
4
22927

Bongkar Aki dan Isi Air Radiator All New Honda Vario 150 & 125, Bisa Sendirian

GILAMOTOR.com – Dibalik tubuhnya yang futuristik, All New Honda Vario 150 dan 125 ternyata didesain lebih simple. Pihak PT Astra Honda Motor (AHM) pun sepakat dengan GILAMOTOR.com bro en sis.

“Desain All New Vario ini simplify,” ujar Sarwono Edi, Technical Training Development PT AHM. Hal utama yang dilakukan adalah memindahkan beberapa part ke tempat yang lebih terjangkau agar perawatannya lebih mudah.

Bagian mana saja yang mendapatkan penyederhanaan?

1. Aki
Honda-Vario-150-Posisi-Aki-dan-Tabung-Reservoir-2
Dimulai dari penempatan aki yang nggak lagi berada di balik cover lampu depan, melainkan di dek pijakan kaki. Posisinya sama dengan aki Honda BeAT FI.

Menurut Edi, desain lampu dual keen eyes LED headlight pada All New Vario sangat berbeda dengan Vario sebelumnya.

“Selain lebih besar dari bentuk lampu Vario lama, posisi aki 5 ampere di dek ini juga untuk memudahkan kalau sewaktu-waktu ingin dibuka,” jelas Edi. Untuk membukanya pun lebih gampang bro en sis, karena cuma ada satu baut di sana.

2.  Tabung reservoir radiator
Honda-Vario-150-Posisi-Aki-dan-Tabung-Reservoir-3
Pemilik Honda Vario terdahulu harus membuka jok untuk mengisi air radiator ke tabung reservoir. Tapi, hal ini nggak perlu lagi dilakukan pada All New Vario. Tabung reservoirnya sekarang pindah ke bagian kolong belakang yang terletak diantara mesin dan ban.

Bro en sis pasti berpikir posisinya nggak aman. Tenang, karena pihak Honda pasti sudah memikirkan bagaimana agar item ini tetap terlindungi. Makanya, tabung reservoir nggak dibiarkan telanjang, tetapi dilengkapi dengan cover.

“Cara membuka covernya pakai kunci 10. Setelah itu buka tutup tabung dan isi deh,” lanjut Edi. Covernya juga didesain biar si pemilik lebih mudah memantau kondisi air radiator di tabung.

Tuh, lebih simple kan bro en sis! tinggal praktiknya deh.

4 COMMENTS