Photo: Istimewa
0
2227

Jeffrey Polnaja Sukses Jelajahi Titik Paling Utara dan Selatan Benua Amerika

GILAMOTOR.com –  Biker asal Bandung, Jeffrey Polnaja mendaulat diri sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil menjelajah benua Amerika dari titik paling utara menuju selatan.

Perjalanan dimulai dari Deadhorse, Prudhoe Bay, Alaska, kota paling utara di benua tersebut hingga finish di  Ushuaia, kota paling selatan di muka bumi yang berada di provinsi Tierra del Fuego, Argentina. Penjelajahan itu dilakukan Jeffrey selama enam bulan.

Jeffrey yang berkeliling dunia seorang diri menuju Ushuaia, pria yang akrab disapa Kang JJ ini menyusuri Rute Nasional 3 Argentina sejauh lebih dari 3.000 kilometer dari ibu kota Buenos Aires.

Kang JJ mengaku tidak menemui masalah berarti selama melalui jalur di pesisir timur benua Amerika tersebut. Cuaca musim panas di belahan selatan bumi diakui telah memberikan keberuntungan tersendiri. Padahal jarak Ushuaia dengan ujung utara Kutub Selatan hanya sekitar 1.000 kilometer.

Banyak agen perjalanan menawarkan perjalanan wisata ke kutub. Bahkan saat ini siapapun dapat pergi ke benua dingin tersebut asal sanggup membayar biaya perjalanan yang mencapai 5.000 dolar AS.

“Ya, di Utara sekarang sedang musim dingin, namun di Selatan sebaliknya. Tapi bukan berarti suhu udara di Ushuaia sehangat Indonesia. Karena dekat dengan Antartika, suhu di sini sangat rendah,” jelas penunggang BMW R 1150 GS bernomor polisi B 5010 JP ini.

Praktis Jeffrey hanya terkendala urusan hujan dan angin kencang. Curah hujan yang tinggi terkadang sulit dihindari ketika dirinya berada di tengah jalan. Begitupun dengan angin kencang yang tak sedikit membuat goyang tunggangannya. “Melawan dingin dan mengantisipasi pengaruh angin menjadi bagian yang harus mampu diatasi sepanjang perjalanan, terutama di tengah padang gurun.”

Jeffrey mencatat telah mengoleksi jarak tempuh tak kurang dari 120 ribu kilometer dari Deadhorse di utara Benua Amerika hingga Ushuaia di selatan Benua Amerika melalui Interior (sebutan jalur bagian tengah Kanada), Amerika Serikat, dan Meksiko.

Hampir semua negara di Amerika Tengah dan Selatan disinggahi selama penjelajahan bermisi Ride for Peace (RFP) ini, termasuk menjelajah Brasil selama hampir tiga bulan.

“Sudah hampir sebulan saya berada di Argentina hingga sampai di Ushuaia. Sebelumnya saya menjelajah banyak kota dan provinsi di Brasil. Kita tahu Brasil sangat luas. Saya bertualang dari Barat ke Timur dan kembali ke Barat Brasil,” ungkap pria yang sudah mencicipi Paraguay, Uruguay, Peru, dan Chili ini.