0
1511

Keliling Kota Padang, Bisa Jadi Referensi #Gilmotholiday

GILAMOTOR.com – Liburan panjang kali ini rasanya sayang kalau nggak dimanfaatkan untuk jalan-jalan bro en sis. Nggak harus mahal, misalnya mengeksplorasi dalam kota. Kali ini, GILAMOTOR mencoba berkeliling kota Padang, Sumatera Barat.

Mulai dari arah selatan, mata dimanjakan dengan pemandangan indah di sekitar wilayah Sungai Barameh, dimana jalur berliku langsung menghadap view kesibukan pelabuhan Teluk Bayur. Namun ingat, jangan sekali-kali lengah. Karena di siap-siap masuk ke jurang di sisi kiri, atau menghantam tebing di kanan.

Perjalanan berlanjut ke pusat kota. Di sini kami singgah untuk mengagumi beberapa bangunan di kota tua. Berbeda dari kota tua di Jakarta dan Semarang, lokasi kota tua di Padang dekat dengan muara sungai yang langsung menghadap ke laut. Sehingga, selain dapat menikmati arsitektur bangunan lama, namun juga bisa melihat deretan perahu nelayan dan suasana kampung nelayan.

Sayang seribu sayang, masih banyak bangunan yang terlantar dan nyaris hancur akibat gempa besar pada 2009 silam. Dan belum terlihat adanya usaha perbaikan dari pihak terkait. Padahal, potensi wisata wilayah kota tua Padang terbilang besar.

Apalagi, di dekat kota tua terdapat pusat kuliner Padang, seperti Jembatan Siti Nurbaya, deretan kios es Durian, serta pusat oleh-oleh Christine Hakim.

Puas berkeliling kota tua, kini sorongkan arah motor menuju pantai Padang. Nampaknya, soal wisata pantai, warga Jakarta bakal iri. Karena berbeda dari pantai Ancol yang mengharuskan warganya bayar untuk sekadar menikmati suasana pantai, maka di Padang gratis bro en sis. Terkadang, parkir pun tak dikenakan biaya karena minim penjaga. So, kita harus tetap mengawasi kondisi kendaraan sendiri lho.

Lapar saat mampir ke tepi pantai? Nggak perlu cemas, banyak restoran seafood segar di tepi pantai. Jika haus, beli saja es tebu murni yang dijual di gerobak pinggir jalan, segar dan murah meriah.

Tapi, kami punya rencana berbeda untuk mengisi perut. Yakni menyantap soto padang Garuda di Jalan Pattimura. Sementara pelepas dahaganya, langsung mlipir ke es cendol Pattimura yang terletak di sisi seberangnya. Pokoke maknyusss.

Nah, kalau foto-foto pas liburan, jangan lupa untuk ikutan kontes foto #gilmotholiday lho, selain berhadiah menarik, juga gratis. Cara ikutannya gampang. Tinggal share foto liburan seru kamu ke Facebook fanpage Gilamotor dengan hastag #Gilmotholiday. Atau mention foto ke @gilamotor, juga dengan #gilmotholiday.

Syarat dan ketentuan:

-Foto yang diupload harus bernuansakan liburan dengan latar belakang objek wisata.

-Upload foto ke fanpage gilamotor atau Twitter @gilamotor dengan hastag #GilmotHoliday dan sertakan judul dari foto tersebut.

– Bro en Sis boleh mengirimkan foto sebanyak-banyaknya.

– Foto harus original karya sendiri.

– Lomba dilangsungkan hingga 5 Januari 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 7 Januari 2015.