Photo: Gilamotor/Ilham
3
1746

Lap Lampu Motor dan Kaca Helm, Bisa Jadi Kunci Safety Riding Bro en Sis

GILAMOTOR.com – Masuk musim penghujan seperti saat ini, terkadang membuat kita terlena untuk malas membersihkan kendaraan. Padahal, kebersihan motor dan penunjangnya bisa menjadi salah satu kunci keselamatan berkendara bro en sis. Nggak percaya? Yuk, tanya ahlinya.

Langsung dijawab oleh Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) yang mengatakan, jika salah satu kunci berkendara di musim hujan adalah memiliki visibilitas baik agar dapat lebih waspada dengan kondisi jalan.

“Cara meningkatkan visibilitas yang paling mudah adalah dengan membersihkan kaca helm dan lampu,” jelasnya.

Nggak pakai waktu lama dan komponen mahal kok. Bro en sis bisa mengelapnya menggunakan kain berserat sintetis (plas chamois), atau kain bersih yang dapat mengusir kotoran maupun bercak noda hujan pada kaca helm dan lampu setelah berkendara menembus hujan.

Memang, kayaknya sepele. Tapi jangan salah, kaca helm yang buram atau memiliki banyak bercak hujan bisa mengurangi daya visibilitas pengendara dan dapat berakibat fatal kalau sampai tak dapat memantau kondisi jalanan.

Oiya, headlamp dan stop lamp jangan lupa di lap bersih lho. “Karena lampu berfungsi sebagai sarana visibilitas pengendara dan pengguna jalan lainnya. Dan sorot lampu yang tertutup kotoran akan lebih redup ketimbang lampu yang bersih,” pungkas Jusri.

3 COMMENTS