Photo: Asphaltandrubber
0
1480

Tahun 2017 Balapan Ala Isle of Man Bakal Dibuat World Series, Indonesia Masuk Nggak Ya?

GILAMOTOR.com – Ide gila di dunia balap nih bro en sis! Gimana enggak, balapan motor berbahaya Isle of Man TT yang digelar di jalan raya Isle of Man, Inggris siap dijadikan seri dunia, alias World Series.

Ini artinya, balapan sejenis dengan konsep kebut-kebutan di jalan raya bisa digelar di negara manapun, termasuk Indonesia. Yup, sebab meski nggak menyebut secara detail lokasi balap nantinya, tapi Matt Wilson, Director of Consulting di ‘The Sports Consultancy’, Pemerintah Isle of Man selaku promotor balap mengaku siap menghadirkan balapan di Asia, Timur Tengah dan Amerika Latin.

Rencananya, balapan ini baru masuk ke tahap uji coba tahun 2017 mendatang. Dengan lokasi di sekitar Eropa Utara. Tentu dengan sederet penyesuaian regulasi dan waktu penyelenggaraan.

Misalnya, waktu lomba di Isle of Man yang mencapai dua pekan harus dipangkas menjadi empat hari saja jika ingin menjadi World Series. Salah satu caranya hanya dengan membuka tiga kelas unggulan, yakni Superbike, Supersport dan Superstock. Satu kelas akan diisi 20-25 pebalap saja.

“Formatnya akan mengambil empat hari, termasuk weekend. Dimana dua hari akan jadi sesi kualifikasi dan dua hari sisanya balapan akan digelar,” jelasnya.

Oiya, trek yang dibutuhkan buat menggelar balapan ini sepanjang 37,75 mil, atau setara 60 km.

Sedangkan waktu hajatan dilakukan di musim dingin. Atau di akhir dan awal tahun, seperti Rally Dakar. Sehingga, tak bentrok dengan jadwal balap motor lain seperti WSBK maupun MotoGP.

Wah, kalo cuma trek sepanjang 60 km, Indonesia harusnya bisa ikutan nih!