Photo : Gilamotor.com
4
1130

Terabas Banjir Pakai Skutik, Perhatikan Ketinggian Air

GILAMOTOR.com – Bro en sis setuju nggak kalau banjir menjadi masalah buat para bikers? Nah, yang bikin galau adalah saat berhadapan dengan genangan air yang tanggung. Bikin mikir, diterabas atau nggak!

“Pada prinsipnya kami tidak merekomendasikan sepeda motor untuk melintasi banjir,” buka Sarwono Edhi, Technical Service Training Departement PT Astra Honda Motor (AHM).

Ini berlaku untuk semua jenis sepeda motor lho, bro en sis. Tapi, kalau dilihat dari ground clearancenya, skutiklah yang paling rendah dibanding bebek atau motor sport.

Makanya ada perhatian khusus untuk pengguna skutik karena ada batas tolerensi ketinggian air yang bisa dilalui.

“Batas toleransi ketinggian air untuk dilalui berkisar pada 30-35 cm,” kata Edhi. Kira-kira tingginya setengah betis orang dewasa bro en sis.

Tapi, lagi-lagi pihak AHM yang menempati urutan pertama sebagai penjual skutik terlaris di Indonesia sangat tidak menyarankan hal itu. Edhi mengatakan bagian dari skutik yang terendam air berpotensi rusak.

“Jika sepeda motor terpaksa melewati banjir, maka konsumen dihimbau untuk segera memeriksakan kendaraan ke bengkel resmi,” tutupnya.

4 COMMENTS